POTRAIT OF GRIET: Sebuah Kajian Seni Lukis Apropriasi Karya Dadang Rukmana

Anung Ariyanti(1), I Kadek Yudi Astawan(2),


(1) Program Studi Seni Rupa Murni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya
(2) Program Studi Seni Rupa Murni, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karya seniman Dadang Rukmana mulai dari konsep, ide, proses penciptaan, hingga teknik yang digunakan dalam lukisan berjudul Potrait of Griet. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah lukisan apropriasi karya Dadang Rukmana. Sedangkan, objeknya yaitu konsep penciptaan, tema, dan teknik lukisan apropriasi “Potrait of Griet”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dadang Rukmana merupakan seniman Jawa Timur yang memiliki banyak prestasi dalam dunia seni rupa. (2) Konsep penciptaan Lukisan Apropriasi “Potrait of Griet” karya Dadang Rukmana ialah berusaha melihat sisi lain seniman, bertolak dari perempuan-perempuan yang menjadi objek lukisan dan dekat dengan senimannya. (3) Teknik yang digunakan oleh Dadang Rukmana adalah teknik tetes cat air pada media kertas.

Keywords

art, seni

Full Text:

PDF

References

Bailey, Martin. 2023. ‘Girl with a Pearl Earing’ reexamined in 100 billion pixels: discoveries from the Vermeer symposium in Amsterdam, diakses dari: https://www.theartnewspaper.com/2023/ 05/12/girl-with-a-pearl-earring- reexamined-in-100-billion-pixels-and-more- discoveries-from-the-vermeer-symposium-in-amsterdam.

Diyanto, 2013. Untuk Apa Seni?. Ed. Sugiarto, Bambang. Bandung: Matahari.

Irvin, Sherri. 2005. “Appropriation and Authorship in Contemporary Art” British Journal of Aesthetics 45.

Lukman, C. C. 2008. Girl With Pearl Earring. Imaji, vol. 3 - No. 2, 193-194. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publication s/218303-none.pdf.

Mauritshuis, “Girl with a Pearl Earring”, diakses dari

https://artsandculture.google.com/asset/gi rl-with-a-pearl- earring/3QFHLJgXCmQm2Q?hl=id.

Naisya. 2023. “Gadis dengan Anting Mutiara | Pengertian, Penulis, Analisis, Ciri, Teknik, Warna”, diakses dari https://artikel.hisham.id/gadis-dengan- anting-mutiara.html.

Nelson, Robert S. 2003. ‘Appropriation’, dalam Robert S. Nelson dan Richard Shift,ed, : Critical for Art History, Chicago dan London, University of Chicago Press.

Perpustakaan19651966. 2022. “[Tinjauan Buku Resensi] Memoar-memoar (Trilogi Memoar) Mia Bustam : Kelindan Asa da Kenyataan (3), Dari Kamp ke Kamp (2) dan Sudjojono dan Aku (1)”, diakses dari https://19651966perpustakaanonline.wordpress.com/2022/06/26/memoar-memoar- mia-bustam-kelindan-asa-dan-kenyataan-3-dari-kamp-ke-kamp-2-dan-sudjojono-dan- aku-1/.

Supriyanto, Enin. 2010. New Paintings by Dadang Rukmana: History (Will Teach Us Nothing). Jakarta: Nadi Gallery.

Wahyudin. 2009. “Icontroversial” Dadang Rukmana Solo Exhibition. Jakarta Utara: Galeri Canna 064/09.

Wahyudin. 2015. Tetes by Dadang Rukmana.

Semarang: Semarang Gallery.

Zenmira, Kharisma N. 2022. Mini Art Malang 22; Melukis Bencana dan Penderitaan, diakses dari https://www.ngopibareng.id/read/mini-

art-malang-22-melukis-bencana-dan- penderitaan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.