Visualisasi Kerajaan Majapahit Melalui Virtual Reality

Wandah Wibawanto(1),


(1) Dosen Jurusan Senirupa Unnes, Semarang

Abstract

Realitas maya (virtual reality) merupakan suatu teknologi berbasis komputer yang memberikan suatu pengalaman realistis, interaktif, atau suatu daya-rasa (sense) tentang suatu objek. Realitas maya mampu menggambarkan fungsionalitas obyek secara lengkap, mendeskripsikan lingkungan dan memungkinkan seseorang bergerak di dalam lingkungan tersebut, mampu membawa dan melibatkan penggunanya dalam proses fisik dan menempatkannya pada pusat pengalaman pengguna. Kemampuan realitas maya dalam mereprensetasikan sebuah lingkungan dapat dimanfaatkan dalam merekonstruksi kehidupan masyarakat kerajaan Majapahit pada abad 13-15 Masehi. Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai salah satu negara terbesar dalam sejarah Indonesia. Dalam beberapa literatur, kehidupan masyarakat kerajaan Majapahit digambarkan secara verbal melalui deskripsi tulisan. Penggambaran melalui tulisan dapat menimbulkan multitafsir, sedangkan penggambaran secara visual dapat memberikan gambaran secara utuh akan suatu objek. Penggambaran melalui realitas maya (virtual reality) akan meningkatkan pemahaman terhadap kondisi masyarakat dan lingkungan di masa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis sejarah (metode historis), dimana data yang bersumber dari literatur dianalisis dan menjadi fokus objek kajian. Selanjutnya dijadikan sebagai acuan dalam merekonstruksi kehidupan masyarakat kerajaan Majapahit melalui teknologi realitas maya. Hasil penelitian berupa aplikasi virtual reality lingkungan kerajaan Majapahit.

Keywords

desain; teknologi;realitas maya; virtual reality;sejarah virtual;virtual heritage;Majapahit;

Full Text:

PDF

References

Dourado, Antônio O.; Martin, C.A. 2013. New concept of dynamic flight simulator, Part I. Aerospace Science and Technology 30 (1): 79–82. DOI:10.1016/j.ast.2013.07.005.

G.J. Resink. 1968. Indonesia’s History Between the Myths: Essays in Legal History and Historical Theory. The Hague: W. van Hoeve, 1968, hal. 21.

Gottschalk, Louis. 1986. Mengerti sejarah : pengantar metode sejarah, terjemahan Nugroho Notosusanto. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Higgins, T., Main, P. & Lang, J. 1996. Imaging the Past: Electronic Imaging and Computer Graphics in Museums and Archaeology, Volume 114 of Occasional paper, London: British Museum.

Ismaun. 2004. Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu dan Wahana Pendidikan. Bandung: Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI.

Lanier, J. 1992. “Virtual reality: The promise of the future”. Interactive Learning International, vol 8, 275–79.

M.C. Ricklefs. 1991. Sejarah Indonesia Modern (terjemahan). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

M.C. Ricklefs. 1991. A History of Modern Indonesia Since c. 1300, 2nd ed. Stanford: Stanford University Press.

Pletinckx, D.; Callebaut, D.; Killebrew, A.E.; Silberman, N.A. 2000. Virtual-reality heritage presentation at Ename, “On-site VR” paragraph, in MultiMedia, IEEE , vol.7, no.2, pp.45-48

Pujol, Laia. 2004. Archaeology, museums and virtual reality. Digit·HVM. Revista Digital d’Humanitats ISSN: 1575-2275 No. 6

Roussou, Maria. 2000. “Virtual Heritage: from the Research Lab to the Broad Public”. Proceedings of the VAST Euroconference, Arezzo 24-25 November 2000.

Rizzo, Albert. 2011. Virtual Reality Goes to War: A Brief Review of the Future of Military Behavioral Healthcare. J Clin Psychol Med Settings vol 18 2011 :176–187

DOI 10.1007/s10880-011-9247-2

Sjamsuddin; Bullough, Nigel; Mujiyono. 1993. Memories of Majapahit. Surabaya: East Java Goverment Tourism Service.

Spradley, James. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Sutherland, I.E. 1968. A head mounted three dimensional display. Proceedings of the Fall Joint Computer Conference, vol 33,757–764

Tribinuka, Tjahja. 2014. Rekonstruksi Arsitektur Kerajaan Majapahit dari Relief, Artefak dan Situs Bersejarah. Prosiding temu ilmiah IPLBI 2014. Surabaya: ITS.

Youngblut, Christine. 1998. Educational Uses of Virtual Reality. Virginia : Institute for Defense Analyses (IDA)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.