MADING DOKUMENTER SENI RUPA BERBASIS INTERNET DAN KEEFEKTIFAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN APRESIASI BAGI MAHASISWA JURUSAN SENI RUPA FBS UNNES

Syakir Syakir(1),


(1) Dosen Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan mading dokumenter seni rupa berbasis internet dan mencari jawaban atas efektivitas pemanfaatannya sebagai media informasi dan apresiasi bagi mahasiswa pada Jurusan Seni Rupa FBS Unnes Semarang. Penelitian dilaksanakan untuk menjawab permasalahan khusus yaitu: 1) Mendeskripsikan bentuk mading dokumenter seni rupa yang berbasis internet sebagai media informasi dan apresiasi pada Jurusan Seni Rupa FBS Unnes, 2) Memberikan gambaran bentuk penyajiannya, 3) Menemukan gambaran yang jelas efektivitas pemanfaatan mading dokumenter tersebut, dan 4) Memberikan informasi yang akurat mengenai tanggapan mahasiswa terhadap mading tersebut. Paradigma pendekatan dan strategi penelitian yang sesuai untuk memecahkan permasalahan penelitian adalah penelitian pengembangan kualitatif deskriptip. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Proses analisis data mencakupi tiga alur kegiatan sebagai suatu sistem, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasi penelitian menunjukkan: 1) Bentuk mading dokumenter seni rupa yang berbasis internet berupa bidang tempel yang terbuat dari kayu jati dengan bagian-bagian papan tempel dua sisi (muka-belakang) masing-masing sisi berukuran lebar 180 cm. dan tinggi 120 cm. dilengkapi penutup kaca yang dibuka-tutup dengan cara didorong ke samping kiri atau kanan; 2) Bentuk penyajian mading tersebut meliputi beberapa langkah yaitu: (1) Identifikasi dan Penentuan Materi dari Internet. Kriteria dalam menentukan materi adalah: (a) masuk kategori bidang seni rupa, (b) memiliki keunikan, inovasi, dan informatif dalam seni rupa, (c) memiliki daya tarik estetik terutama pada gambar-gambar yang ditampilkan; (2) Persiapan materi, yakni mengumpulkan bahan atau materi baik berupa gambargambar maupun tulisan, melakukan lay out, print out, dan pengemasan materi; dan (3) Keefektifan pemanfaatan mading dokumenter seni rupa yang berbasis internet sebagai media informasi dan apresiasi pada Jurusan Seni Rupa FBS Unnes dapat dilihat pada beberapa aspek: (1) Materi Informasi mading, dan (2) Sebagai media apresiasi yang menarik dan bisa menjadi sarana motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa dalam berkarya. 4) Tanggapan mahasiswa: 1) Sangat setuju dengan adanya mading dokumenter berbasis internet tersebut karena banyak menambah pengetahuan baru bagi mahasiswa, serta dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa dalam berkarya. Selain itu mahasiswa masih banyak kesulitan menemukan sendiri informasi tersebut dari internet; 2) Sangat setuju bila mading tersebut diisi secara periodik karena informasi selalu up date dan waktu yang tepat adalah setiap dua minggu sekali; 3) Mahasiswa berpendapat bahwa mading tersebut “sangat bermanfaat” dengan alasan dapat menjadi media informasi dan apresiasi yang efektif, menambah wawasan baru tentang seni rupa, dan menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa dalam berkarya.

Keywords

mading;dokumenter;seni rupa;berbasis internet;

Full Text:

PDF

References

Adri, M. dalam http://ilmukomputer.org/wpcontent/uploads/2008/01/adri-modul0-gurugoblog.pdf, diakses, 9 Maret 2012.

Bogdan, R., S. & Biklen, 1982. Qualitative Research for Education:An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Fitriana, AD, 2010. Perbedaan Dokumentasi dan Kearsipan,http://lis4suka.wordpress.com/, diakses tgl. 6 Juli 2010.

Indriana, D, 2011. Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Jakarta: DIVA Press.

Miles dan Huberman, 1992. Analisis Data Kualitatif (Terj.) Rohidi, T.R. Jakarta: UI Press.

Nursito, 1999. Membina Majalah Dinding. Jakarta: Adicta Karya Nusa.

Rohidi, T.R, 2008. “Seni dalam Perspektif Keilmuan dan Signifikansinya bagi Pengembangan Lembaga”, Makalah Seminar Inernasional “Meneguhkan Seni dalam Perspektif Keilmuan”, Semarang FBS Unnes.

Wahidin, 2009. dalam http://.net/2009/03/18/pemanfaatan-teknologi-informasi-dankomunikasi diakses 7 Maret 2012

Zain, N., 2009. Dokumentasi di Indonesia, http://lppbifiba.blogspot.com/2009/11/dokumentasi-di-indonesia.html diakses 6 Agustus 2010.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.