GAMBARAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA (Studi Komparatif pada Mahasiswa dengan Jalur Penerimaan SNMPTN, PMDK, dan UTUL di Fakultas Psikologi UNM)

Asri Asmulyani(1), Nur Haerani(2),


(1) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prestasi akademik mahasiswa fakultas psikologi UNM melalui studi komparatif pada mahasiswa dengan jalur penerimaan SNMPTN, PMDK, dan UTUL. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi Tahun Ajaran 2009 sejumlah 93 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan komparatif dengan analisis statistik deskriptif.  Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa Indeks Prestasi Akademik mahasiswa yang melalui jalur PMJK memiliki skor rerata yang tertinggi. Skor Indeks Prestasi Akademik mahasiswa melalui jalur UTUL memiliki skor rerata yang terendah. Hasil penelitian juga menunjukkan penyebaran skor Indeks Prestasi Akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi UNM dengan jalur penerimaan UTUL hanya berkisar antara 2,3 hingga 3,00. Hal ini mengindikasikan bahwa prestasi akademik pada mahasiswa dengan jalur UTUL paling rendah dan IPK tertinggi hanya berada pada tingkat IPK 3,00.

 

Kata Kunci   : prestasi akademik, jalur SNMPTN, jalur PMDK, dan jalur UTUL

Keywords

prestasi akademik, jalur SNMPTN, jalur PMDK, dan jalur UTUL

Full Text:

PDF

References

Ariyana, A.P. 2007. Studi korelasi Motif afiliasi dan motif berprestasi Dengan prestasi Akademik Pada siswa kelas 2 smu pangudi luhur ’van lith’ muntilan. Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Edisi no. 02 Tahun XXXI / Juli 2007

Diyan, P. 2007. Perbedaan Kebiasaan Belajar dan Prestasi Akademik antara Mahasiswa Jalur PMDK dan Mahasiswa Jalur SPMB Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM Angkatan 2005. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

Kusumawardani, Palupi. . (2006). Kontribusi kecerdasan emosi terhadap prestasi akademik mahasiswa. Skripsi (tidak diterbitkan). Fpsi.

McClelland, D. C. 1985. Human Motivation. Illinois : Scott, Foresman & Company.

Murgi Handari, S540908126, 2010. “Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Persepsi Tentang Figur Perawat dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program studi DIII Keperawatan STIKES Wira Husada Yogyakarta”. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.