FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN PEDIOPHOBIA (Studi Kasus pada Penderita Pediophobia)

Aliftah Ahadiyah(1), Rulita Hendriyani(2),


(1) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah yang melatarbelakangi munculnya pediophobia yang dialami seorang mahasiswi. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan akumulasi kecemasan yang sudah tidak mampu direpresi sebagai latar belakang munculnya pediophobia. Kecemasan pada intinya terkait dengan keinginan untuk diperhatikan oleh keluarga. Interaksi anak yang kurang dengan ibu kandung, perlakuan yang berbeda dari saudara kandung dari keluarga besar dan adanya pembedaan tuntutan antar saudara kandung dari kedua orang tua membuat anak yang merasa dirugikan menjadi cemburu terhadap saudara yang lain. Sibling rivalry kemudian menjadi sebab utama karena pada setiap peristiwa yang membuat anak cemas berkaitan dengan saudaranya. Boneka barbie dijadikan pelampiasan oleh anak karena mempunyai kenangan tidak menyenangkan yang berhubungan dengan anak dan objek yang dibencinya juga mempunyai kemiripan dengan objek yang dibencinya yaitu saudaranya. Boneka barbie menjadi proyeksi dan pengalihan kebencian kepada adiknya. Timbullah ketakutan terhadap boneka barbie. Ketakutan tersebut menetap hingga dewasa. Hal ini karena latar belakang munculnya fobia yaitu rasa terbuang dan tidak diperhatikan oleh keluarga tidak segera disembuhkan. Di saat dewasa, sang anak masih menyimpan perasaannya itu akan membuat fobianya semakin kuat.

Kata kunci: pediophobia

 

Abstract. The objective of this research is to identify factors that cause the emerging of pediophobia experienced by a female college student. The research implemented qualitative method using case study approach. The result of this research showed the accumulation of anxiety of which no longer able to be repressived as factors of the emerging of pediophobia. Basically, anxiety is related to willingness to receive parents’ attention. Anxiety may emerge caused by relation gap in the family. The lack of interraction between birth child and her mother, the different treatment among siblings in the big family and the different demand among siblings from both of parents causing jealously feeling to the children who feel neglected. Then, sibling rivalry comes up as the main cause based on each occurance that emerging anxiety often related to her sibling. Barbie dolls become solution to expense her emotion for having unpleasant memory related to her and the dislike objects also have similarity to the dislike objects which are her sibling. Barbie dolls play as projection and distraction of her hatred to her younger sibling. Then, fearfullness feeling stay until she is adult. This would happen because of the factors that emerging this kind phobia are feeling neglected and less of affection from the family are not treated all of sudden. When adult, the feeling that stay will sthrengthen her phobia.

Keywords

pedophobia

Full Text:

PDF

References

Kaplan, H.I., Sadock, B.J., dan Grebb, J.A. 1997. Sinopsis Psikiatrik (Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis) Jilid 2 Edisi Kelima. Jakrta: Binarupa Aksara

Liftiah. 2009. Psikologi Anormal. Semarang: Widya Karya

Markam, Suprapti Slamet I. S. Sumarmo. 2008. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta: UI-Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.