PERBEDAAN ACADEMIC SELF EFFICACY DITINJAU DARI JENIS GOAL ORIENTATION

Widyaningsih Widyaningsih(1), Tri Esti Budiningsih(2),


(1) Jurusan Psikolog,i Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah
(2) Jurusan Psikolog,i Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah

Abstract

Abstrak. Parameter prestasi belajar yang mengutamakan perolehan nilai akademis dan tingginya nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) diduga akan mempengaruhi siswa untuk memilih cara- cara negatif sebagai manifestasi dari ketidakyakinannya terhadap kemampuannya sendiri. Padahal dalam menghadapi persaingan dan tantangan di dunia pendidikan sangat diperlukan academic self efficacy, khususnya untuk kelas XII yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN) dan persiapan ke perguruan tinggi. Tinggi rendahnya academic self efficacy sangat erat kaitannya dengan jenis goal orientation yang dimiliki siswa, yaitu mastery goal dan performance goal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan academic self efficacy antara siswa yang memiliki mastery goal dan siswa yang memiliki performance goal pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Godong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain komparasional. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Godong. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan academic self efficacy yang signifikan antara siswa dengan mastery goal dan siswa dengan performance goal di SMA Negeri 1 Godong, dimana tingkat academic self efficacy siswa yang memiliki mastery goal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki performance goal dengan koefisien perbedaan sebesar 3,592 dan nilai signifikansi p = 0,000 (p < 0.01).

Abstract. Learning achievement parameter prioritizes the acquisition of academic value and the high value of the minimum criteria (KKM) expected student affect to choose negative ways as manifestation of the uncomfortable student ability. However, to face competition and challenges in the education world needed academic self efficacy, specially for 12 grade students who will face the national examinition and to prepare to college. Low and high level of the academic self efficacy closely associated with the student type of goal orientation. The purpose of this research was to determine the differences of the academic self efficacy between student who have mastery goal and student who have performance goal in 12 grade students of SMAN 1 Godong. The method used in this research was quantitative with comparasional design. Subject of this research was 12 grade students of SMAN 1 Godong. The sampling technique used  was quota sampling. The result of this research showed that there were significant differences academic self efficacy between student with mastery goal and student with performance goal at SMAN 1 Godong, where academic self efficacy student with mastery goal is higher then student with performance goal with coefficient differences 3,592 and significant value p = 0,000 (p < 0,01).

Keywords

Academic Self Efficacy, Goal Orientation, Mastery Goal, Performance Goal

Full Text:

PDF

References

Astuti, R.P. 2014. Perbedaan Self Efficacy Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional di SMP Negeri 1 Boyolali Ditinjau dari Keikutsertaan Bimbingan Belajar Tahun 2014. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Azwar, S. 2011. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.

Bandura, A.1977. Self Efficacy : Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. (http://doi.apa.org/index) diakses pada tanggal 27 Juni 2014

_________. 1997. Self Efficacy: The exercise of control. New York : Freeman and Company

Bell, B. S., & Kozlowski, S.W.I. 2002. Goal orientation and ability: Interactive effects on self-efficacy, performance, and knowledge. Journal of Applied Psychology,vol.87, hal 497-505. (online) (http://doi.apa.org/journal/apl/87/3/497/pdf) diakses pada tanggal 19 Juni 2014

Feist, G.J & Feist, J., 2011. Teori Kepribadian: Theories of Personality. Jakarta : Salemba Humanika

Mayasari, D. 2011. Pengaruh Orientasi Tujuan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Peserta Bimbingan Belajar LBB Primagama. Skripsi (online). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. (http://repository.uinjkt.ac.id) Diakses pada tanggal 17 Juni 2014

Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan : Membantu Siswa Tumbuh dan berkembang (10th Ed.) Jakarta: Penerbit Erlangga

Ozkal, N. & Demirtas, V.Y, dkk. 2014. The Relationship Between the Achievement Goal Orientation and the Self Efficacy Beliefs of the Candidate Teachers. Mevlana International Journal of Education (MIJE) vol.4 no.1 p 212- 227 (Online) http://mije.mevlana.edu.tr di akses pada tanggal 19 Februari 2015

Puspitasari, A. 2013. Self Regulated Learning Ditinjau Dari Goal Orientation (Studi Komparasi Pada Siswa SMA Negeri 1 Mertoyudan Kabupaten Magelang. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Schunk, H.D. 2012. Learning Theories: An educational perspective (6th Ed). Translated by Hamdiah, E dan Rahmat, F. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thongnoum, D. 2002. Self Efficacy, Goal Orientation And Self Regulated Learning In Thai Students. Thesis (Online). Tailand: Oklahoma State University (http://202.28.199.34/multim/3094084.pdf) diakses pada tanggal 11 Februari 2015

Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology (10th Ed.). Translated by Soetjipto, P.H., dan Soetjipto, M. S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution 4.0 International License.