PENGEMBANGAN OBYEK WISATA CANDI GEDONGSONGO SEBAGAI LABORATURIUM IPS TERPADU

Hariyanto Hariyanto

Abstract

Meningkatnya teknologi pembelajaran sekarang ini menuntut tersedianya alat atau media pembelajaran yangefektif dan efisien.Pembelajaran dengan media elektronik seperti CD mempunyai beberapa kelebihan yakni : dapatdiulang berkali-kali, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tidak tergantung ruang dan waktu, biaya lebihmurah. Namun sering ketersediaan CD sebagai sumber belajar yang berisi semua topik bahasan IPS secara terpadumasih terbatas. Kalaupun ada biasanya kajiannya lebih bersifat bidang studi, misalnya masalah kemiskinan, orangsejarah akan mendekati dari aspek historis, orang ekonomi akan mendekati dari aspek ekonomi, orang geografimendekati dari aspek keruangan secara terpisah pisah. Jarang yang mengkaji suatu masalah secara terpadu/terintegrasi atau holistic. Tujuan dari kegiatan ini adalah terwujudnya Candi Gedongsongo sebagai sebagai laboraturiumIPS terpadu bagi siswa SMP maupun SMU. Siswa dapat memperoleh informasi mengenai candi Gedongsongo yangholistic/menyeluruh dari aspek sejarah, ekonomi, sosiologi-antropologi dan geografi melalui CD pembelajaran.Hasil kegiatan berupa CD pembelajaran IPS Terpadu dengan obyek kajian Candi Gedongsongo.Di pilihnyaobyek Candi Gedongsongo karena beberapa pertimbangan yakni, obyek ini mempunyai fenomena fisik, social, budayadan ekonomi yang kompleks.Selain itu pembuatan CD ini sekaligus untuk promosi wisata bagi Pemerintah DaerahKabupaten Semarang.Kajian geografi candi Gedongsongo meliputi aspek letak astronomis, letak geografis, kondisigeologi dan geomorfologi, bentang alam, iklim, sumber air panas dan sebagainya.Kajian sosiologi antropologi meliputiaspek adaptasi masyarakat terhadap lingkungan, budaya yang hidup ditengah masyarakat, dan system pranatasocial yang ada di masyarakat.Kajian ekonomi menyoroti aktivitas ekonomi, matapencaharian, potensi wisata, komoditasunggulan dan sebagainya.Kajian sejarah membahas aspek sejarah berdirinya candi, fungsi candi dan bagiannya,cerita/ mitos yang ada disekitar candi dan sebagainya.Simpulan obyek Candi Gedongsongo dapat dijadikan laboraturiumIPS terpadu sebab dapat dikaji dari berbagai bidang seperti sejarah, geografi, sosiologi-antropologi, ekonomi dansebagaianya dari sudut pandangnya masing-masing.

Keywords

Obyek wisata; laboraturium IPS terpadu

Full Text:

PDF

References

Budisantoso, Apik, 2002. Pengembangan PotensiObyek Wisata Kawasan NusaKambangan Cilacap. Tesis, UGM,Yogykarta

Hamalik, oemar, 3002. Pendekatan Baru StrategiBelajar Mengajar Berdasarkan CBSA.Bandung, Sinar Baru Algesindo.P DirjenDikdasmen Dinas Pendidikan.

Rahadi, Aristo, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta Depdiknas Dirjen pendidikan dasar danMenengah,Sumaatmaja, 2003: Ilmu Pariwisata, Jakarta, PradanyaParamita.

Suwantoro, 2002. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta,Andi

Yoeti, Oka. 2002. Perencanaan Startegi PemasaranDaerah Tujuan Wisata. Pranadya Paramita,Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.