KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING BERVISI SETS BERMEDIA CHEMO EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA

Eny Atminiati(1), Achmad Binadja(2),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran GNT (Guided Note Taking) bervisi SETS (Science, Environment, Technology, and Society) berbantuan media CET (Chemo Edutainment) untuk meningkatkan kompetensi siswa. Pembelajaran menggunakan handout bervisi SETS dan media yang digunakan dalam pembelajaran adalah Chemo Edutainment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Abadiyah Gabus Pati tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive cluster sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi.  Uji hipotesis menggunakan koefisien determinasi dan untuk mengetahui peningkatan nilai posttest menggunakan uji N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran GNT (Guided Note Taking) bervisi SETS berbantuan media CET (Chemo Edutainment) siswa sebesar 16%. Uji N-gain untuk hasil belajar siswa sebesar 0,66. Hal ini berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran GNT (Guided Note Taking) bervisi SETS berbantuan media CET (Chemo Edutainment) dapat membantu meningkatkan komptensi siswa.

Keywords

chemo edutainment, guided note taking, visi SETS

Full Text:

PDF

References

Baker, L. dan Lombardi, B.R., 2005, Students’ lecture notes and their relation to test performance, Teaching of Psychology, Vol 12, Hal 28-32.

Binadja, A., 2005, Pedoman Pengembangan Silabus Pembelajaran Berdasar Kurikulum 2004 Bervisi Dan Berpendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) Atau (Sains, Lingkungan, Teknologi, Dan Sosial), Semarang: Laboratorium SETS Unnes Semarang.

Binadja, A., Wardani, S. dan Sigit, N., 2008, Keberkesanan pembelajaran kimia materi ikatan kimia bervisi sets pada hasil belajar siswa, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 2, No 2, Hal 256-262.

Christianti, Sudarmin dan Soebroto, T., 2010, Pengaruh penerapan model pembelajaran guided note taking (GNT) berbantuan media chemo-edutaiment (CET) terhadap hasil belajar materi pokok kimia koloid pada siswa sma purwodadi kelas xi semester ii, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 1, No 1, Hal 27-31.

Cornelius, T. dan DeSchryver, O., 2008, Differential effects of full and partial notes on learning outcomes and attendance, Teaching of Psychology, Vol 35, Hal 6–12.

Fisher, C.S dan David, C.B., 2005, Perspectives on instruction time, New York: Longman.

Grabe, M., Christopherson, K. dan Douglas, J., 2004, Providing introductory psychology students access to online lecture notes: the relationship of note use to performance and class attendance, Journal of Educational Technology Systems, Vol 33, Hal 295–308.

Heward, W.L., 2004, Three “low-tech” strategies for increasing the frequency of active student response during group instruction, Grossi (eds.), behavior analysis in education: focus on measurably superior instruction monterey, Hal 283-320.

Silbermen, M.L., 2007, Active learning 101: strategi pembelajaran aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sulistyaningrum, D., 2012, Pengaruh penerapan strategi pembelajaran guided note taking dengan mengoptimalkan penggunaan torso terhadap hasil belajar siswa SMAN kebakkramat, Skripsi, FKIP UNS, Surakarta.

Supartono, 2006, Peningkatan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran kimia dengan pendekatan chemo-enterpreneurship (CEP), Laporan Hasil Penelitian Program Hibah A2, Semarang: Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang.

Wahyuni S., Zulfaneti, dan Fitri D.F, 2013, Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe guided note taking terhadap pemahaman konsep matematis siswa kleas xi ips man lubuk sikaping, Skripsi, STIKIP PGRI, Sumatra Barat, 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.