PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERPENDEKATAN INKURI TERBIMBING PADA KONSEP KELARUTAN

Annisa Fajar Riyani(1), Ersanghono Kusumo(2), Harjito Harjito(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Penelitian Research and Development (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berpendekatan inkuiri terbimbing pada materi kelarutan yang layak, berkualitas baik, dan efektif. Metode penelitan dilakukan melalui 4 tahap yakni pendahuluan, perencanaan, penyusunan dan evaluasi mengacu pada Teknis Pengembangan Bahan Ajar yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, angket tanggapan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan, kualitas dan keefektifan produk pengembangan. Komponen isi dan penyajian dinyatakan sangat layak sedangkan komponen Bahasa dan kegrafikan dinyatakan layak. Berdasarkan hasil penilaian maka kualitas Lembar Kerja Siswa menurut para ahli adalah sangat baik sesuai dengan kriteria BNSP dengan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 87,5 %. Keefektifan LKS ditinjau dari ketuntasan klasikal yakni sebesar 3,1 % yang menunjukkan bahwa LKS tidak efektif. Berdasarkan data yang telah dihimpun dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan empat tahap pengembangan yakni pendahuluan, perencanaan, penyusunan dan evaluasi dapat menghasilkan LKS yang layak dan berkualitas baik namun agar LKS tersebut efektif perlu dilakukan koordinasi dengan guru kimia SMA pada tahap penyusunannya.

Keywords

inkuiri terbimbing,konsep kelarutan, lembar kerja siswa

Full Text:

PDF

References

Afiyanti, N.A., Cahyono, E. dan Soeprodjo, 2014, Keefektifan Inkuiri Terbimbing Berorientasi Green Chemistry terhadap Ketrampilan Proses Sains, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 8, No 1, Hal 1281-1288.

Asiyah, S., Mulyani, S. dan Nurhayati, N.D., 2013, Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Macromedia Flash Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas VIII SMPN 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 2, No 2, Hal 56-65.

Bilgin, I., 2009, The Effects of Guided Inquiry Instruction Incorporating with Cooperative Learning Environment on University Students’ Achievement of Acid and BasesConcepts and Attitude Toward Guided Inquiry Instruction, Jounal Scientific Research and Essay, Vol 4, Hal 1035-43.

Damayanti, D.S., 2014, Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013, Radiasi, Vol 3, No 1, Hal 58-62.

Haryani, S., Prasetya, A.T. dan Saptorini, 2014, Identifikasi Materi Kimia SMA Sulit Menurut Pandangan Guru Dan Calon Guru Kimia. Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia VI "Pemantapan Riset Kimia dan Asesmen Dalam Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik”. Surakarta.

Huddle, P.A., White, M.A. dan Rogers, F., 2000, Using a Teaching Model to Correct Known Misconception in Electrochemistry. Journal of Chemical Education, Vol 77, No 1, hal 104-110.

Kazempour, E., 2013, The Effect of Inquiry-Based Teaching on Critical Thinking of Students, Journal of Social Issues & Humanities, Vol 1, No 3, Hal 23-27.

Kuhlthau, C.C., 2010, Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. School Libraries Worldwide, Vol 16, No 1, Hal 17-28.

Kuhlthau, C.C. dan Maniotes, L.K., 2010, Building Guided Inquiry Teams for 21st-Century Learners, School Library Monthly, January, Hal 18-21.

Roestiyah, 2008, Strategi Belajar Mengajar, 7th ed., Jakarta: Rineka Cipta.

Soleh, M.Y., Santosa, S. dan Indrowati, M., 2014, Studi Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Bio-Pedagogi, Vol 3, No 2, Hal 1-11.

Sunyono, Wirya, I.W., Suyanto, E. dan Suyadi, G., 2009, Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung, Journal Pendidikan, Hal 305-317.

Tangkas, I.M., 2012, Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan pemahaman konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura, Jurnal penelitian Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 2, No 1, Hal 1-15.

Trianto, 2007, Model Pembelajaran Terpadu dari Teori dan Praktek, Jakarta: Prestasi Jakarta.

Widjajanti, E., 2008, Kualitas Lembar Kerja Siswa. Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.