PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rizki Suhendar Putra, Nanik Wijayati, F. Widhi Mahatmanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 1 Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest-group design dengan sistem pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Subjek penelitian adalah dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol yaitu XI MIPA 3 dan kelas eksperimen yaitu XI MIPA 2. Perlakuan pada dua kelas sampel dibedakan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes soal uraian dan non tes berupa angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) uji t terhadap hasil belajar dengan diperoleh thitung = 1,98 lebih besar dari  ttabel = 1,66 diperkuat dengan nilai N-gain dari kelas eksperimen sebesar 0,71 dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,54 maka rata –rata nilai kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, (2) pengunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android memiliki pengaruh sebesar 60,16% terhadap hasil belajar dan (3) media pembelajaran berbasis aplikasi android mendapat respon positif bagi siswa dengan hasil angket sebesar 80,05 %.


Keywords


aplikasi android, hasil belajar siswa, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, I.F. dan Sudarmin, 2012,Kontribusi Media Interaktif pada Contextual Teaching berorientasi Learning Community terhadap hasil Belajar siswa,Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 6., No 1, Hal. 903-908.

Bloom, B.S., 1956, Taxonomy of Educational Objectives Volume I: Cognitive domain, New York: McKay.

Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F. dan Mocerino, M., 2008, An Evaluation of a Teaching Intervention to Promote Students’ Ability to Use Multiple Levels of Representation When Describing and Explaining Chemical Reaction”s, Research in Science Education, Vol 38, No 2, Hal 237–248.

Hirsh-Pasek, K., Zosh, J.M., Golinkoff, R.M., Gray, J.H., Robb,M.B., dan Kaufman, J., 2015, Putting Education in ”Educational” apps: Lessons From teh Science of Learning, Psychological Science in the Public Interest, Vol 16, No 1, Hal. 3-34.

Ismawati, R., Saptorini, dan Wijayati, N., 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berstrategi React Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Kelas XI, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 7, No 1, Hal. 1044-1050.

Kim, D., Rueckert, D., Kim, D.J., dan Seo, D., 2013. Students’ preceptions and experiences of mobile learning, Language Learning dan Technology, Vol 17, No 3, Hal. 52-73.

Nurrokmah, I.E. dan Sunarto, W., 2013, Pengaruh Penerapan Virtual Lab Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa, Chemistry in Education, Vol 2, No 1, Hal. 201-208.

Prasetyo, Y.D., Yektyastuti, R., Solihah, M., Ikhsan, J. dan Sugiyarto, K.H., 2015, Pengaruh penggunaan media pembelajaran kimia berbasis aplikasi android terhadap peningkatan motivasi siswa SMA, Seminar Nasional Pendidikan Sains V, UNS.

Purba, M., 2006, Kimia untuk SMA Kelas XI, Jakarta: Erlangga.

Purbasari, R., Kahfi, M. dan Yunus, M., 2012, Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1, No 2, Hal. 3-11.

Valk, J.H., Rashid, A.T., dan Elder, L., 2010,Using Mobile Phones to Improve Educational Outcomes:An Analysis of Evidence from Asia, International Review of Research in Open and Distance Learning,Vol. 11, No 1, Hal. 117-140.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.