KEBERKESANAN PEMBELAJARAN KIMIA MATERI IKATAN KIMIA BERVISI SETS PADA HASIL BELAJAR SISWA

Achmad Binadja, Sri Wardani, Sigit Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bervisi SETS dapat
menimbulkan kesan positif dan apakah kesan yang timbul akibat pembelajaran bervisi SETS
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Pati pada kelas
X. Desain penelitian adalah control group pretest-postest, sehingga terdapat dua kelompok
sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan kesan lebih baik daripada kelas kontrol
dengan ditunjukkan oleh hasil perhitungan hipotesis pertama menggunakan perhitungan
T-tes. Teramati pula adanya hubungan antara kesan positif yang timbul dengan hasil belajar
siswa ditunjukkan oleh hasil perhitungan korelasi antara peningkatan kesan dengan hasil
belajar. Untuk kelas eksperimen didapatkan harga rxy sebesar 0,53 dan thitung 3,41 sedangkan
untuk kelas kontrol harga rxy 0,42 dan thitung 2,49. Kedua harga thitung ini ternyata leih besar
daripada ttabel 2,04. Hal ini berarti terdapat hubungan antara kesan positif yang timbul dengan
hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran
bervisi SETS membentuk kesan positif dalam diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Pati dan
kesan positif yang timbul akibat pembelajaran bervisi SETS berpengaruh positif terhadap
hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pati.


Kata Kunci: Keberkesanan, pembelajaran bervisi SETS, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.