PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN PENDEKATAN CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Agung Tri Prasetya(1), Sigit Priatmoko(2), Miftakhudin -(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan pendekatan Chemoedutainment
(CET) merupakan salah satu alternatif proses pembelajaran kimia yang variatif
dan mampu meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
ada tidaknya pengaruh positif penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan
pendekatan CET terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 16 Semarang.
Populasi penelitian terdiri atas 78 siswa yang terbagi ke dalam 2 kelas. Kelas XI–IA 1 sebagai
kelompok eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan media berbasis komputer
dengan pendekatan CET dan kelas XI-IA 2 sebagai kelompok kontrol yang diberikan
pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan hasil analisis uji kesamaan dua rata-rata
data hasil pre test, diketahui bahwa kedua kelompok berangkat dari kondisi awal yang sama.
Hasil uji t data post test menunjukkan bahwa rata-rata hasil post test kelompok eksperimen
lebih baik dibanding kelompok kontrol. Analisis pengaruh penggunaan media pembelajaran
berbasis komputer dengan pendekatan CET menghasilkan harga koefi sien korelasi biseri
(rb) sebesar 0,676 dengan pengaruh positif terhadap hasil belajar sebesar 45,70%.

 

Kata Kunci: media berbasis komputer, chemo-edutainment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.