KOMPARASI HASIL BELAJAR SAINS KIMIA DENGAN METODE LIFE SKILL DAN MIND MAPPING PADA SISWA MTs

Tjahyo Soebroto(1), Eko Budi Susatyo(2), Wiwin Umu Zulaechah(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Pembelajaran dengan penerapan life skill dan mind mapping merupakan
alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman untuk meningkatkan
hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang ada
atau tidaknya perbedaan hasil belajar sains kimia pokok materi pemisahan campuran
antara metode pembelajaran life skill dan mind mapping. Subyek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Kutowinangun Kebumen. Pengambilan sampel
dilakukan dengan pertimbangan sampling purposif, diperoleh kelas VIIIC sebagai
kelas kontrol dan kelas VIIID sebagai kelas eksperimen.. Analisis data yang digunakan
adalah analisis varian dan dilanjutkan dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh rata-rata hasil posttes pada kelas kontrol = 65,05 dan kelas eksperimen =
74,18. Dengan analisis varian untuk data pretes diperoleh Fhitung (1,2386) < Ftabel
(1,93) berarti bahwa kedua kelompok mempunyai varian yang tidak berbeda. Analisis
data post tes diperoleh Fhitung (1,1679) < Ftabel (1,93) yang berarti ada perbedaan
antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari hasil analisis data, disimpulkan
bahwa ada perbedaan hasil belajar sains kimia pokok materi pemisahan campuran
antara yang diberi dengan metode pembelajaran life skill dan mind mapping pada
siswa dan hasil belajar dengan pembelajaran dengan metode life skill lebih baik dari
metode mind mapping

 

Kata Kunci: komparasi,hasil belajar, life skill, mind mapping

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.