PENGARUH PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Siti Sundari Miswadi, Murbangun Nuswowati, Wasi’ah -

Abstract


Pembelajaran  bermakna merupakan  suatu  proses  yang mengaitkan  informasi
baru pada konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Pembelajaran
elaborasi merupakan  salah  satu  pembelajaran  bermakna  yang mengaktifkan  kognitif
siswa sehingga memudahkan dalam memahami konsep-konsep baru. Untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran elaborasi dilakukan eksperimen dengan mengambil sampel dari
kelas X secara cluster random sampling, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan
dengan tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, hasil belajar kelompok
eksperimen  lebih  baik  dari  pada  kelompok  kontrol,  yang  berarti  pembelajaran  elaborasi
berpengaruh terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrokarbon kelas X di SMA Negeri
11 Semarang. Besarnya pengaruh pembelajaran elaborasi 13,7465% dan tergolong rendah.
Secara  keseluruhan,  hasil  belajar  afektif  dan  psikomotorik  kelompok  eksperimen  lebih
baik dari hasil belajar kelompok kontrol, sedangkan hasil angket refl eksi siswa terhadap
pembelajaran, siswa senang dengan pembelajaran elaborasi.

 

Kata Kunci : pembelajaran elaborasi, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.