PENGARUH MEDIA VIS UAL DI RUANG KELAS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Tjahyo Soebroto(1), Sigit Priatmoko(2), Nurma Siyamita(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Dalam belajar, seseorang harus dapat berinteraksi dengan lingkungan Untuk itu
ruang kelas harus dirancang sedemikian rupa agar tercipta suatu situasi interaktif yang
kondusif sebagai tempat belajar. Salah satu cara agar ruang kelas menjadi interaktif
adalah dengan cara memasang media visual di dinding ruang kelas. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh media visual di ruang kelas dan seberapa besar pengaruhnya
terhadap minat dan hasil belajar kimia siswa materi pokok larutan elektrolit dan konsep
redoks kelas X di SMA Negeri 1 Boja. dimana kedua kelompok sampel tersebut diberi
perlakuan yang berbeda. Kelompok sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-4 sebagai
kelompok eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi
pembelajaran menggunakan media visual di ruang kelas, sedangkan kelompok kontrol
diberi pembelajaran tanpa menggunakan media visual Hasil penelitian diperoleh bahwa
ada pengaruh media visual di ruang kelas yaitu sebesar 57,2964%. Media visual di ruang
kelas dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelompok eksperimen rata-rata sebesar
3,20 dengan kisaran nilai 0-10. Penggunaan media visual di ruang kelas berpengaruh
terhadap minat belajar kimia siswa. Hal ini ditunjukkan dari presentase minat belajar kimia
siswa kelompok eksperimen (70,67%) yang lebih tinggi dari pada minat belajar kimia siswa
kelompok kontrol (48,54% ).

 

Kata Kunci: media visual, minat, hasil belajar kimia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.