PENGGUNAAN MODEL LEARNING START WITH A QUESTION DAN SELF REGULATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA

Eko Budi Susatyo(1), Sri Mantini Rahayu S(2), Restu Yuliawati(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini mengunakan model LSQ dan SRL. Permasalahan yang dikaji apakah
ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model LSQ dengan
siswa yang belajar menggunakan model SRL pada pokok materi larutan penyangga dan
manakah hasil belajar yang lebih baik dari keduanya. Populasi adalah siswa kelas XI program
studi ilmu alam (PSIA) semester 2 yang berjumlah 243 siswa. Dengan teknik cluster random
sampling diperoleh sampel kelas XI PSIA-1 yang berjumlah 41 siswa (kelompok eksperimen
1) yang belajar menggunakan model LSQ dan kelas XI PSIA-2 yang berjumlah 42 siswa
(kelompok eksperimen 2) yang belajar menggunakan model SRL. Hasil uji t pada uji dua
pihak nilai post test diperoleh thitung = 4,144 dan untuk α = 5% dan dk= (41+42-2)= 81 diperoleh
t(0,975)(81)= 1,994. Karena thitung
≥ t(0,975)(81) maka H0 ditolak, hal ini berarti ada perbedaan
hasil belajar antara kelompok eksperimen 1 dengan kelompok eksperimen 2. Pada uji t satu
pihak diperoleh thitung = 4,144 dan untuk α = 5% dan dk= (41+42-2)= 81 diperoleh t(0,95)(81)=
1,665. Karena thitung t(0,95)(81) maka H0 ditolak, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar
kimia siswa yang belajar menggunakan model LSQ lebih baik daripada siswa yang belajar
menggunakan model SRL.

 

Kata Kunci: Learning Start With a Question, Self Regulated Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.