PEMBERIAN UMPAN BALIK BERDASARKAN HASIL TES FORMATIF TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Wisnu Sunarto, Siti Sundari Miswadi, Nano Hertanto

Abstract


Telah  dilakukan  penelitian  tindakan  kelas  dengan  tujuan meningkatkan  aktivitas
dan  hasil  belajar  kognitif  siswa  kelas XI-IPA SMA Masehi  1 PSAK Semarang melalui
pemberian umpan balik berdasarkan hasil tes formatif terstruktur. Pemberian umpan yang
dilakukan  guru  diharapkan  dapat memfasilitasi  siswa  lebih  aktif  dan  berprestasi  tinggi.
Penelitian ini terlaksana dalam tiga siklus kegiatan. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan,
yaitu  perencanaan,  tindakan,  observasi,  dan  refl eksi. Tindakan  dilakukan  berdasarkan
perencanaan  sebagai  aplikasi  atau  penerapan  isi  rancangan  tindakan.  Fokus  dalam
penelitian  ini  adalah  pemberian  umpan  balik  berdasarkan  hasil  tes  formatif  terstruktur.
Observasi dilaksanakan oleh peneliti dan guru kolaborasi untuk mendapatkan data aktivitas
dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya kenaikan aktivitas
dan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal. Nilai persentase aktivitas siswa
secara klasikal pada siklus I sebesar 61,90%, siklus II sebesar 83,33%, serta pada siklus
III sebesar 90,47%, sedangkan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal pada
siklus I sebesar 61,90%, siklus II sebesar 71,42%, dan siklus III sebesar 80,95%. Berdasarkan
data nilai persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal
dapat disimpulkan bahwa pemberian umpan balik berdasarkan hasil tes formatif terstruktur
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.

 

Kata Kunci: umpan balik, hasil belajar kognitif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.