PENERAPAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP DALAM BAHAN AJAR REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN AKADEMIK DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Nanik Wijayati(1), Supartono -(2), Machmudah -(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Buku ajar kimia dengan pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) yang dikemas
secara menarik, ilustrasi mendukung materi serta praktis diharapkan dapat membuat siswa
untuk belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
kecakapan akademik dan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan CEP dalam bahan
ajar reaksi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan
melalui 3 tahap uji coba. Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata hasil belajar siswa
mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan hasil belajar pada uji coba I, II dan
III masing-masing 63%, 77%, dan 93%. Persentase ketuntasan dan rata-rata kecakapan
akademik siswa juga mengalami peningkatan. Pada hasil pengukuran kemampuan berpikir
kritis rata-rata pada uji coba I adalah 69 dengan persentase ketuntasan 67% mengalami
peningkatan pada uji coba II menjadi 76 dengan persentase 70% dan pada uji coba III
meningkat lagi menjadi 80 dengan persentase 87%.

 

Kata Kunci: kecakapan akademik, berpikir kritis, chemo-entrepreneurship

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.