PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SISTEM JAWAB BERANTAI DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Winarni -, Kusoro Siadi, Ifni Amalia

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh model pembelajaran sistem jawab
berantai dan minat siswa terhadap hasil belajar kimia pokok materi larutan penyangga
pada siswa kelas XI SMA N 1 Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Brebes tahun ajaran 2008/2009. Pengambilan sampel menggunakan teknik
cluster random sampling, yaitu diambil dua kelas sebagai kelompok eksperimen (kelas XI
IPA 2) dan kelompok kontrol (kelas XI IPA 3). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah
model pembelajaran Sistem Jawab Berantai dan minat siswa, sedangkan variabel terikatnya
adalah hasil belajar kimia. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi,
tes, observasi, angket dan dilanjutkan dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Sistem Jawab Berantai terhadap
hasil dan minat belajar kimia pokok materi larutan penyangga pada siswa kelas XI SMA N 1
Brebes. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Sistem Jawab Berantai sebagai
salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia
untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran kimia.

 

Kata Kunci : sistem jawab berantai, minat siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.