PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI STRATEGI INTERACTIVE QUESTION AND READING ORIENTATION BERBASIS PROBLEM POSING

Eko Budi Susatyo(1), Kusoro Siadi(2), Dina Indah Marnia(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengaktifkan siswa dalam
mengembangkan kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah. Populasi penelitian
adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA 6 Semarang yang berjumlah 42 siswa. Hasil penelitian pada
siklus I menunjukkan kesiapan dan keaktifan siswa dalam kategori cukup, serta rata-rata
hasil belajar dan ketuntasan belajar masing-masing sebesar 62 dan 61,90%. Pada siklus II,
kesiapan dan keaktifan siswa meningkat dibandingkan siklus I menjadi kategori baik, serta
rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar masing-masing sebesar 68,3 dan 78,57%.
Hasil penelitian pada siklus III meningkat dibandingkan dengan siklus II, yaitu kesiapan dan
keaktifan siswa tergolong baik, serta rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar masingmasing
sebesar 71,4 dan 88,09%. Dengan hasil tersebut berarti penelitian yang dilakukan
telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 85% dari seluruh siswa memperoleh
nilai e†65. Siswa menyambut positif strategi pembelajaran yang diimplementasikan.

 

Kata Kunci : hasil belajar, IQRO, problem posing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.