PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN KOLABORASI KONSTRUKTIF DAN INKUIRI BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP

Supartono -(1), Saptorini -(2), Dian Sri Asmorowati(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Kimia merupakan pelajaran yang sangat erat dalam kehidupan. Banyak produk
yang dapat dikaitkan dengan pelajaran kimia, sehingga pembelajaraan kimia dapat dikemas
dengan lebih kontekstual dan membekali siswa untuk berwirausaha. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui kontribusi pembelajaran hidrokarbon dengan menggunakan
kolaborasi konstruktif dan inkuiri berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada hasil
belajar dan minat berwirausaha siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasieksperimental
di SMAN 1 Jepara. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi,
tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa
kelas eksperimen sebesar 72,41 dengan ketuntasan mencapai 78,38%, sedangkan rata-rata
kelas kontrol sebesar 68,68 dengan ketuntasan 56,76%. Rata-rata minat berwirausaha siswa
kelas eksperimen setelah perlakuan sebesar 76,22, dan sebanyak 81,08% siswa memiliki
nilai e†68. Sementara itu, kelas kontrol rata-rata minat berwirausaha hanya sebesar 63,60
dan 27,03% siswa memiliki nilai e†68. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran
hidrokarbon dengan menggunakan kolaborasi konstruktif dan inkuiri berorientasi CEP
meningkatkan hasil belajar dan minat berwirausaha siswa.

 

Kata Kunci: konstruktif, inkuiri, chemo-entrepreneurship

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.