PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN LIFE SKILL MAHASIWA

Ersanghono Kusuma, Kusoro Siadi

Abstract


Materi  perkuliahan  Kimia  Koloid  merupakan  matakuliah  yang  kurang  disenangi,
oleh karena itu perlu pembelajaran yang menarik serta memupuk daya kreasi dan inovasi
mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia dan
life skill mahasiswa dengan menggunakan bahan ajar yang  berorientasi CEP. Penelitian
ini  merupakan  penelitian pengembangan tyang  terdiri  dari  tiga  tahap. Tiap  tahap  terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refl eksi. Subyek penelitian  ini adalah
mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia UNNES semester kedua. Fokus yang diteliti dalam
penelitian  ini  adalah  hasil  belajar  dan  pengembangan  life  skill mahasiswa. Data  yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui
peningkatan  hasil  belajar  dan  pengembangan  life  skill mahasiswa. Berdasarkan  hasil
penelitian, ketuntasan belajar klasikal meningkat dari  tahap I (43%), tahap II (50%), dan
tahap III (86%). Rata-rata skor life skill mahasiswa siklus I, II, dan III berturut-turut adalah
38%, 55%; dan 63%.. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
dan life skill mahasiswa dapat meningkat melalui penerapan bahan ajar berorientasi CEP.

 

Kata kunci: bahan ajar, chemo-entrepreneurship, life skill


Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.