PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID DENGAN METODE INKUIRI

Sri Supanti(1), Irene Hartutik(2),


(1) SMAN 14 Semarang
(2) Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik Fransiskus Assissi Semarang

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran Sistem Koloid. Penelitian ini dilakukan karena adanya keprihatinan terhadap rendahnya kemandirian belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA4 SMAN 14 Semarang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa, yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.  Fokus penelitian adalah peningkatan karakter kemandirian belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi  menggunakan lembar cek kemandirian, wawancara pada siswa serta menganalisis hasil tugas siswa dari tindakan ke-1 sampai tindakan ke-2. Setelah diterapkannya metode inkuiri, peneliti mendapatkan hasil bahwa kemandirian belajar siswa meningkat, hal ini terlihat dari rerata indikator  kemandirian  belajar siswa dari siklus 1 sebesar 77,35 % menjadi 90,06% pada siklus 2. Hal ini berarti ada  peningkatan karakter kemandirian dalam memperoleh pengetahuan mengenai Sistem Koloid  setelah diterapkannya metode inkuiri.

Keywords

kemandirian belajar siswa, sistem koloid, metode inkuiri

Full Text:

PDF

References

Bukhori, M. A. F., 2012, Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Optimalisasi pemahaman konsep fisika pada siswa di SMA Negeri 4 Magelang, Jawa tengah, Berkala Fisika Indonesia, Vol 4, No 1&2, Hal 11-21.

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, 2012, Hasil Supervisi Implementasi KTSP, Laporan Kegiatan. Semarang: Tidak dipublikasikan

Lie, A. dan Prasasti, S., 2000, 11 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung-jawab Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo

Nurjannah, A., 2013, Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS: Penelitian Tindakan Kelas VIII-D SMP Negeri 44 Bandung, Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Puskur, 2009), Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Rusyani, 2008, Pengembangan Model CITUS SIM-X Berbasis Inkuiri Untuk Mengembangkan Kreatifitas Pada Materi Sistem Koloid. Tesis. Semarang: PPs Unnes.

Septiani, D., Sumarni, W. dan Saptorini, 2014, Efektivitas Model Inkuiri Berbantuan Modul Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 8, No 2, Hal 1340-1350.

Sugiyono, 2009, Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto, 2010, Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.