ANALISIS KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baeti, S.N., A. Binadja, & E. Susilaningsih, 2014, Pembelajaran Berbasis Praktikum Bervisi SETS untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium dan Penguasaan Kompetensi, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 8, No 1, Hal 1260-1270.
Dunggio, R., A. Lukum, & J.S. Tangio, 2014, Studi Kemampuan Kognitif dan Afektif Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga dalam Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Solving Learning (PBSL), Jurnal Pendidikan.
Elvandari, H., & K.I. Supardi, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Active Learning untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Peserta didik, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10, No 1, Hal 1651-1660.
Fayakun, M. & P. Joko, 2015, Efektivitas Pembelajaran Fisika Mnggunakan Model Kontekstual (CTL) Dengan Metode Predict, Observe, explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 11, No 1, Hal 49-58.
Istiana, G.A., A.N. Catur, & J.S. Sukardjo, 2015, Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Peserta didik Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol 4, No 2, Hal 56-73.
Munib, A, 2010, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Nawawi, Sugiyarto, & Sutarno, 2013, Pembelajaran biologi dengan model POE (Predict-Observe-Explain) menggunakan multimedia flash dan VCD ditinjau dari kemampuan verbal dan kreativitas peserta didik, Jurnal Inkuiri, Vol 2, No 1, Hal 25-33.
Restami, 2013, Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Fisiska Dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta didik, E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, No 3.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudesti, R., Fransisca, S. & Mimin, N. K, 2014, Penerapan pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains peserta didik SMP pada subkonsep difusi osmosis, Formica Education Online, Vol 1 No 1, Hal 1-11.
Surmiyati, S., S. Patmi, & Kristayulita, 2014, Analisis Kemampuan Kognitif dan Kemampuan Afektif terhadap Kemampuan Psikomotor Peserta didik Kelas X SMAN 3 Mataram Setelah Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Beta, Vol 7, No 1, Hal 46-62.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-undang Replublik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, 2007, Jakarta: Visimedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.