PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI SISWA DALAM KEGIATAN PRAKTIKUM KIMIA DI SMA/K

Pintaka Kusumaningtyas(1), Runita Eka Yusvitasari(2), Abdul Majid(3),


(1) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mulawarman Jl. Muara Pahu, Kampus Gunung Kelua, Samarinda, 75123
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mulawarman Jl. Muara Pahu, Kampus Gunung Kelua, Samarinda, 75123
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mulawarman Jl. Muara Pahu, Kampus Gunung Kelua, Samarinda, 75123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja untuk mengukur kompetensi siswa dalam kegiatan praktikum kimia di SMA/K. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R & D), yang terdiri atas tahap pengembangan, validasi, dan uji coba terbatas. Pengembangan instrumen diawali dengan analisis kebutuhan menggunakan metode triangulasi, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji coba terbatas dilakukan di SMA N 4 Samarinda dan SMK Farmasi Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian kinerja memiliki validitas logis, isi, dan empiris yang baik, serta memiliki validitas konstruk yang baik (r > 0,3), memiliki reliabilitas konsistensi eksternal dan internal yang sangat baik (rata-rata koefisien reliabilitas = 0,933) dan memiliki praktikabilitas yang sangat baik (respon positif sebesar 90%). Instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan dapat mengukur 4 kompetensi dasar siswa dalam melakukan kegiatan praktikum, yaitu: merencanakan,  melaksanakan, partisipasi, dan evaluasi, yang terbagi dalam 3 jenis instrumen penilaian, yaitu instrumen penilaian kegiatan pre–lab, praktikum, dan laporan.

Keywords

pengembangan, instrumen penilaian kinerja, kompetensi siswa, praktikum kimia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.