PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERINTEGRASI INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMA

Bunga Mahardhika Asokawati, Antonius Tri Widodo, Sri Mursiti

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Temanggung dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terintegrasi investigasi terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 (kelas eksperimen) dan XI IPA 1 (kelas kontrol) yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket dan metode tes. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriprif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi biserial yang didapatkan berdasarkan posttest adalah rb = 0,64. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh sebesar 40,96%. Hasil analisis dari aktivitas belajar siswa menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,738.Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh  nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh sebesar 54,46%. Siswa memberikan respon positif terhadap metode pembelajaran kooperatif terintegrasi investigasi sederhana dengan rata-rata persentase per aspek angket respon siswa yang setuju sebesar 55,56%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif terintegrasi investigasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Temanggung pada materi koloid.


Keywords


aktivitas, hasil belajar, investigasi, pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.