DESAIN MEDIA EDU-CHEM-INTERACTIVE UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X

Sigit Pamungkas, Supartono Supartono, Harjito Harjito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia dalam bentuk animasi dengan format Cassette Disc yang mengaitkan ketiga level representasi ilmu kimia, mengukur tingkat kelayakan dan keefektifannya, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaannya pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R & D) dengan model pendekatan 4D dari Thiagarajan dan Semmel. Media diujicobakan kepada 26 siswa di SMA N 2 Salatiga. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil validasi ahli media dan ahli materi, validasi soal tes diagnostik, hasil pretest dan posttest siswa dan tanggapan siswa pada uji coba media. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dengan rata-rata skor validasi ahli media mencapai skor 71 dan skor 53,67 oleh ahli materi. Hasil uji coba media dalam remediasi pembelajaran menunjukkan bahwa siswa memberi tanggapan positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil pretest dan posttest siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif terhadap penurunan miskonsepsi siswa sebesar 24%. Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan pada proses remediasi pembelajaran kimia materi struktur atom. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dan mendapat tanggapan positif dari siswa sebagai pengguna.


Keywords


representasi ilmu kimia, miskonsepsi, media animasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.