KEEFEKTIFAN MATERI AJAR PENYANGGA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Syarafina Dirinda Putri, Nanik Wijayati, F. Widhi Mahatmanti, Dwi Rachmadiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan tanggapan siswa terhadap materi ajar larutan penyangga berbasis pemecahan masalah untuk kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonogiri. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian only posttest control design. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling dengan syarat data populasi berdistribusi normal dan homogenitas. Didapatkan hasil pemilihan sampel yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian diperoleh perhitungan bahwa kedua kelas berdistribusi normal  dan perhitungan perbedaan dua rata-rata diperoleh sebesar 3,94 yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Untuk rata-rata tiap indikator berpikir kreatif diperoleh 66% untuk kelas eksperimen dan 54% untuk kelas kontrol pada Fluency, pada Flexibility diperoleh 67% untuk kelas eksperimen dan 60% untuk kelas kontrol. Untuk Originality 56% untuk kelas eksperimen dan 59% untuk kelas kontrol, kemudian Elaboration 61% untuk kelas eksperimen dan 60% untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat didismpulkan bahwa materi ajar berbasis pemecahan masalah efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonogiri pada materi larutan penyangga.


Keywords


Keefektifan, materi ajar, kemampuan berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References


Effendi, L.A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 13, No 2, Hal 1-10.

Listiowati, A.D & A.T Widodo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain. Jurnal Inovasi pendidikan Kimia, Vol 7, No 1.

Malik, M. A. & Iqbal, M. Z. 2011. Effects of problem solving and reasoningability of 8th graders. International Journal of Academic Research, Vol 3, No 5, Hal 80-84.

Munandar. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, A.P.R.T & Wahyuningsih D. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar siswa Kelas VII Materi Gaya. Jurnal Kimia (JPK), Vol 2, No 4, Hal 151-158.

Purba, M. 2006. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusmiyati, A. & Yulianto, A. 2009. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Menerapkan Model Problem based-Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 4, No 5, Hal 75-78.

Utami, Y., W. Sumarni, & W. Sunarto. Kontribusi Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Life Skill Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10, No 1, Hal 1683-1691.

Wahida, F., N. Rahman & S.T Gonggo. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi. Jurnal Sains dan teknologi Tadaluko, Vol 4, No 3, Hal 36-43.

Wulandari, W., Liliasari, & F.M.T Supriyanti. 2011. Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pengajaran Mipa, Vol 16, No 2, Hal 116-121.

Yuliana, H., M. Kusasi, & I. Bakti. 2015. Penerapan Keefektifan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Solving Pada Sub Materi Pokok Reaksi Redoks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X DI SMA Negeri Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol 6, No 1, Hal 39-50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.