PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK MEDIA KOMIK DENGAN 3D PAGE FLIP PADA MATERI IKATAN KIMIA

Minarni Minarni(1), Affan Malik(2), Fuldiaratman Fuldiaratman(3),


(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi

Abstract

Pembelajaran menggunakan media memiliki beberapa manfaat antara lain membangkitkan motivasi, minat, meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya serta memudahkan penafsiran data dalam mendapatkan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar dalam bentuk media komik untuk menggunakan program 3D Page Flip pada materi Ikatan Kimia dan mengetahui respon mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (development). Pada tahap-tahap ini dilakukan validasi oleh tim ahli serta penilaian oleh pengguna. Penerapan (Implementasi) pada tahap ini dilakukan uji coba kelompok kecil dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli media, ahli materi dan pengguna terhadap produk media pembelajaran komik kimia berturut-turut adalah skor 72 “sangat baikâ€, skor 71 “sangat baik†dan hasil respon mahasiswa didapatkan skor 63 “sangat baik†dengan persentase 84% yang menyatakan bahwa mahasiswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran komik kimia yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ahli media, ahli materi, dan pengguna (mahasiswa) menilai media komik kimia menggunakan 3D Page Flip pada materi Ikatan Kimia adalah baik bila digunakan sebagai bahan ajar kimia.

Keywords

pengembangan, bahan ajar, 3D Page Flip, ikatan kimia

Full Text:

PDF

References

Azhar, A., 2013, Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Bayharti, Hardeli, dan Novita, D., 2014, Komik Berwarna sebagai Media Pembelajaran Alternatif pada Materi Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari untuk SMA Kelas X. UNP Journal of Chemistry Education, Vol 2, No 1, Hal 101-108.

Hamalik, O., 2013, Dasar-Dasar Perngembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Indriana, M., Effendy, dan Rahayu, S., 2016, Pengembangan Komik Kimia Berdasarkan Pendekatan Pogil topik Bentuk dan kepolaran Molekul untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Makalah Pendamping Pendidikan Kimia, Vol 1 No 4, Hal 350-353.

Mulyani, S., Murtiningrum, T., Ashadi., 2013, Pembelajaran Kimia dengan Problem Solving menggunakan Media E-Learning dan komik ditinjau dari kemampuan Berpikir Abstrak dan Kreativitas Siswa, Jurnal Inkuiri, Vol 2 No 3, Hal 288-301.

Saptorini, Widodo, AT., Susatyo, EB., 2014, Green Chemistry dalam desain pembelajaran Project-Based Learning berbasis karakter di madrasah aliyah se-kabupaten demak, Rekayasa, Vol 12 No 1, Hal 57-69.

Sudjana, N. dan Rivai, A., 2005, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rahayu, S., 2016, Pengembangan Media Komik Materi Ikatan Kimia Kelas X MIPA 2 Sekolah Menengah Atas, Inderalaya: Universitas Sriwijaya.

Sugihartati, R., 2010, Membaca Gaya Hidup dan Kapitalisme: Kajian Tentang Reading for Pleasure dari Perspektif Cultural Studies, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono., 2014, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Waluyanto, H.D., 2005, Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran, Jurnal Nirmala, Vol 7, No 1, Hal 54-55.

Widyawati, A. dan Prodjosantoso A.K., 2015, pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol 1 No 1, Hal 24-35.

Zamhari, M., Hamidah, N., Khamidinal, 2010, Pengembangan Media kartun Kimia dalam Pembelajaran Materi Pokok Laju Reaksi untuk Siswa SMA/MA. Makalah Pendamping Pendidikan Kimia, Vol 1 No 3, Hal 483-486.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.