ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PESERTA DIDIK SMA

Fahmi Fahmi(1), Wuryandini Wuryandini(2),


(1) SMA Negeri 1 Pekalongan Jl. RA Kartini 39 Pekalongan, Telp. +62285421190, Kode Pos 51128
(2) SMA Negeri 1 Pekalongan Jl. RA Kartini 39 Pekalongan, Telp. +62285421190, Kode Pos 51128

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan bekal peserta didik di era disrupsi. Era disrupsi adalah sebuah era perubahan serba cepat di segala bidang kehidupan. Perubahan tersebut juga dialami oleh bidang pendidikan termasuk di dalamnya adalah model pendidikan. Dengan demikian, maka proses pembelajaran memerlukan model pembelajaran yang bervisi kekinian. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model yang dapat dijadikan solusi mengenai hal tersebut. Model ini merupakan model yang disarankan pada pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada kompetensi larutan elektrolit. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan tiap siklus. Subyek penelitian adalah keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMA Negeri 1 Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dari sebesar 8,8% pada siklus1 sebesar 77,9% (cukup) menjadi 86,8% (baik) pada siklus 2, dengan indikator keberhasilan baik. Peningkatan tersebut, juga disertai meningkatnya perilaku belajar menjadi lebih baik.

Keywords

model pembelajaran berbasis proyek, keterampilan berpikir kreatif, dan larutan elektrolit.

Full Text:

PDF PDF

References

Ahmar, D. S., 2016, Hubungan antara Kemampuan Awal dengan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Takalar, Jurnal Sainsmat. Vol 5, No 2, Hal 157-166.

Anwar, N. M., dan Rasool, S. S., 2012, A Comparison of Creative Thinking Abilities of High and Low Achievers Secondary School Student, International Interdeciplinary Journal of Education, Vol 1, No 1.

Amitiningsih, S., Dwiastuti, S., dan Sari, D. P., 2016, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air, Proceeding Biology Education Conference, Vol 13, No 1, Hal 868-872.

Ayu, I., Sastrika, K., Sadia, I. W., dan Muderawan, I. W., 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis, E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 3, No 2, Hal 1-10.

Ariani, L., Sudarmin, dan Nurhayati, S., 2019, Analisis Berpikir Kreatif pada Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematic, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, Hal 2307-2317.

Candra, R. A., Prasetya, A.T., dan Hartati, R., 2019, Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project-Based Learning, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 2, Hal 2437-2446.

Chonkaew, P., Sukhummek, B., dan Faikhamta, C., 2016, Development of Analytical Ability and Attitudes Towards Science Learningof Grade11 Students Thhrough Science Technology Engineering and Mathematics (STEM Education) in the Study of Stoichiometry, Chemistry Education Research and Practice, Vol 16, No 17, Hal 842-861.

Desnylasari, E., Mulyani, S., dan Mulyani, B., 2016, Pengaruh Model Pembelajaran Project-based Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol 5, No 1, Hal 134-142.

Fahmi dan Wuryandini, 2019, Model Community Learning Berbasis Discovery Untuk Meningkatkan Soft Skills Stoikiometri Kimia Peserta Didik SMA, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, Hal 2268-2276.

Febrianti, Y., Djahir, Y., Fatimah, S., 2016, Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 6 Palembang, Jurnal Profit, Vol 3, No 1, Hal 121 – 127.

Filsaime, D. K., 2008, Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Fitrianti, 2016, Sukses Profesi Guru Dengan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Deepublish.

Kemdikbud, 2013, Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Saintifik, Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Licht, M., 2014, Controlled Chaos, Project Based Learning, 31 March, Hal 951.

Munandar, U., 2009, Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong L. J., 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noviyana, H., 2017, Pengaruh Model Project-based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa, Jurnal Edumath, Vol 3, No 2, Hal 110–117.

Nugroho, G. A., Prayitno, B. A., dan Ariyanto, J., 2017, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Project-based Learning Pada Materi Pencemaran dan Daur Ulang Limbah, Jurnal Pembelajaran Biologi, Vol 6, No. 2, Hal 9–12.

Permanasari, A., 2016, STEM Education: inovasi dalam pembelajaran sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Permendikbud, 2016, Standar Penilaian Kurikulum 2013, Jakarta: Kemdikbud.

Rusniati, 2015, Pendidikan Nasional dan Tantangan Globalisasi, Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol 16, No 1, Hal 105-128.

Sari, Sholihin, H., dan Arifin, M., 2015, Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Kimia Dalam Pembelajaran Dengan Metode Inkuiri Laboratorium Melalui Tema Minuman Kemasan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, Vol 5, No 1, Hal 43-49.

Sulistiyono, E., Mahanal, S., dan Saptasari, M., 2017, Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Speed Reading-Mind Mapping (SR-MM), Jurnal Pendidikan, Vol 2, No 9, Hal 1226-1230.

Sudarmin, 2009, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Mahasiswa melalui Pembelajaran Kimia Terintegrasi Kemampuan Generik Sains, Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan dan Penerapan MIPA, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wuryandini, 2014, Pengembangan Model Project Based Learning Berorientasi Soft Skills Peserta Didik, Tesis. (Tidak diterbitkan).

Yaumi, M. dan Damopolli, M., 2014, Action Reseach, Teori, Model, Aplikasi, Jakarta: Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.