IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MALANG PADA MATERI HIDROKARBON MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK THREE TIER

Nur Romadhona Lailatul Qodriyah(1), Deni Ainur Rokhim(2), Hayuni Retno Widarti(3), Habiddin Habiddin(4),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 

Abstract

Chemistry is one of the sciences that is considered difficult for some students. The difficulties in chemistry because many concepts in chemistry are complex and abstract. Hydrocarbons are one of the chemistry topics with abstract concepts and are difficult and often cause misconceptions on students. If students experience misconceptions on one of the basic concepts, then the possibility of the emergence of misconceptions will be even greater on more complex concepts. Therefore, the researcher conducted a study to identifying misconceptions of grade XI students on the Hydrocarbon topic using a three-tier diagnostic test instrument. This study was quantitative descriptive research. The research implemented on 17 – 29 January 2020 the subjects were students of XI grade of MIPA 2 and MIPA 3 of SMAN 4 Malang. The research instrument used was in the form of a three-tier multiple-choice test and has been tested and proven to be valid and reliable. Misconceptions were identified on 7 concepts from the hydrocarbon topic, including: the concept of Hydrocarbon Compounds (22,1%), Carbon Atoms (23,6%), Carbon Atomic Types (22,9%), Structure and Nomenclature of Hydrocarbons Compound (24,8%), Physical and Chemical Properties of Hydrocarbon Compounds (38,7%), Isomers (45,1%), and Hydrocarbon Compound Reactions (31,4%).

 

Ilmu kimia merupakan salah satu ilmu yang dianggap sulit bagi sebagian siswa pada umumnya. Sulitnya ilmu kimia dikarenakan konsep dalam ilmu kimia banyak yang bersifat kompleks dan abstrak. Hidrokarbon merupakan salah satu materi kimia dengan konsep yang abstrak dan dirasa sulit, serta sering kali menimbulkan miskonsepsi. Apabila dalam belajar siswa mengalami miskonsepsi pada salah satu konsep dasar, maka kemungkinan munculnya miskonsepsi akan semakin besar pada konsep yang lebih kompleks. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas XI pada materi Hidrokarbon menggunakan instrumen tes diagnostik three-tier. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 17 - 29 Januari 2020, subyek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 2 dan MIPA 3 SMAN 4 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda three-tier dan telah diuji coba serta terbukti valid dan reliabel. Jawaban siswa kemudian dianalisis dan dikategorikan berdasarkan tingkatan pemahaman. Hasil menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi sebesar 29,8% (kategori rendah). Miskonsepsi teridentifikasi pada 7 konsep materi hidrokarbon, diantaranya: konsep Senyawa Hidrokarbon (22,1%), Kekhasan Atom Karbon (23,6%), Jenis Atom Karbon (22,9%), Struktur dan Tata Nama Senyawa Hidrokarbon (24,8%), Sifat Fisik dan Kimia Senyawa Hidrokarbon (38,7%), Isomer (45,1%), dan Reaksi Senyawa Hidrokarbon (31,4%).

Keywords

Identification of misconception; Three-tier diagnostic test; Hydrocarbon

Full Text:

PDF

References

Agustanih, N. A., 2017, Analisis Miskonsepsi Siswa Dengan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice Pada Materi Hidrokarbon, Universitas Islam Negeri Jakarta.

Annisa, N., 2013, Pengembangan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X Pada Materi Hidrokarbon, Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S., 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Artdej, R., Ratanaroutai, T., dan Thongpanchang, T., 2010 Thai Grade 11 students’ alternative conceptions for acid-base chemistry. Research in Science and Technological Education, Vol 28, No 2, Hal 103-121.

Bala, R., 2013. Measurement of Errors and Misconceptions: Interviews and Openended Tests, Multiple-Choice Tests, Two tier Tests and Three-Tier Test, Education India Journal. Vol 2, No 3, Hal 44-60.

Bayrak, B. K., 2013, Using Two-Tier Test to Identify Primary Students’ Conceptual Understanding and Alternative Conceptions in Acid Base. Mevlana International Journal of Education, Vol 3, No 2, Hal 19–26.

Budiningsih, S., 2013, Pengembangan Instrumen Diagnostik Three-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Listrik Dinamis Siswa Kelas X SMA, Skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Malang.

Chang, R. dan Overby, J., 2011, General Chemistry: The Essential Concept, New York: Mc-Graw Hill (E-Book).

Effendy, 2002, Upaya Untuk Mengatasi Kesalahan Konsep Dalam Pengajaran Kimia dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. Media Komunikasi Kimia, Vol 6, No 2, Hal 1-22.

Pesman, H., 2005, Development of a three-tier test to assess ninth grade students’ misconceptions about simple electric circuits. In Hacettepe Universitesi Egitim Fakultesi DErgisi (Issue September), Thesis, Middle East Technical University.

Pratiwi, D., Sugiharto, S., dan Mulyani, B., 2013, Efektivitas Model Blended E-Learning Cooperative Approach Tipe Tgt Dilengkapi Modul Terhadap Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, Vol 2, No 1, 127354.

Siswaningsih, W., Hernani, H., dan Rahmawati, T., 2015, Profil Miskonsepsi Siswa Sma Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat, Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, Vol 1, No 2, Hal 200–206.

Suhendi, H. Y., Kaniawati, I., dan Maknun, J., 2014, Peningkatan Pemahaman Konsep dan Profil Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Hasil Diagnosis Menggunakan Pembelajaran ECIRR Berbantuan Simulasi Virtual dengan Instrumen Three-Tier Test, Prosiding Mathematic and Sciences Forum 2014, 205-213.

Sukmadinata, N. S., 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Talanquer, V., 2006, Commonsense chemistry: A model for understanding students’ alternative conceptions. Journal of Chemical Education, Vol 83, No 5, Hal 811–816.

Yunita, L., Sofyan, A., dan Agung, S., 2014, Pemetaan peta konsep untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep senyawa hidrokarbon, Edusains, Vol 6, No 1, Hal 2–8.

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.