Identifikasi Miskonsepsi Materi Kesetimbangan Kimia pada Siswa SMA Menggunakan Tes Three Tier Berbasis Web

Margaretha Bhrizda Permatasari(1), M Muchson(2), Nurul Hakimah(3), Deni Ainur Rokhim(4), Herunata Herunata(5), M Yahmin(6),


(1) Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) 
(4) Universitas Negeri Malang
(5) 
(6) 

Abstract

Miskonsepsi merupakan masalah besar yang telah menjadi pusat perhatian bagi para pendidik dan peneliti pendidikan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, khususnya kimia. Salah satu  materi dalam kimia yang dianggap siswa cukup sulit sehingga tinggi kemungkinannya untuk terjadi miskonsepsi adalah materi kesetimbangan kimia. Miskonsepsi pada siswa perlu diidentifikasi dengan cepat supaya dapat segera ditangani sehingga tidak menganggu pembelajaran selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia menggunakan tes three tier berbasis web. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah 178 siswa SMA kelas 11. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata miskonsepsi yang dialami siswa pada setiap konsep dalam materi kesetimbangan kimia berkisar antara 43,91% - 62,06%. Siswa mengalami miskonsepsi pada konsep kesetimbangan kimia, konsep tetapan kesetimbangan kimia, dan konsep Prinsip Le-Chatelier. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa tes three tier berbasis web dapat mengefisienkan waktu dalam mengolah data dan identifikasi miskonsepsi

Keywords

Miskonsepsi; Kesetimbangan Kimia; Tes Three Tier Berbasis Web

Full Text:

PDF

References

Budiningsih, S. (2013). Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Listrik Dinamis Siswa Kelas X SMA. Universitas Negeri Malang, Malang.

Chang, R. dan Overby, J. (2011). General Chemistry: The Essential Concept, New York: Mc Graw Hill (E-Book).

DEMİRCİOĞLU, G., DEMİRCİOĞLU, H., & YADİGAROĞLU, M. (2013). an Investigation of Chemistry Student Teachers’ Understanding of Chemical Equilibrium. International Journal on New Trends in Education & Their Implications (IJONTE), 4(2), 185. Retrieved from http://proxy.kennesaw.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=edb&AN=90519462&site=eds-live&scope=site

Karpudewan, M., Treagust, D. F., Mocerino, M., Won, M., & Chandrasegaran, A. L. (2015). Investigating high school students’ understanding of chemical equilibrium concepts. International Journal of Environmental and Science Education, 10(6), 845–863. https://doi.org/10.12973/ijese.2015.280a

Kirbulut, Z. D., & Geban, O. (2014). Using three-tier diagnostic test to assess students’ misconceptions of states of matter. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 10(5), 509–521. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1128a

Luoga, N. E., Ndunguru, A. P., & Mkoma, L. S. (2013). High school students’ misconceptions about colligative properties in chemistry. Tanzania Journal of Natural & Applied Sciences, 4, 575−581.

Monita, A. F., & Suharto, B. (2017). Identifikasi dan Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument Pada Konsep Kesetimbangan Kimia. Quantum, 7(1), 27–38.

Özmen, H., & Naseriazar, A. (2018). Effect of simulations enhanced with conceptual change texts on university students’ understanding of chemical equilibrium. Journal of the Serbian Chemical Society, 83(1), 121–137. https://doi.org/10.2298/JSC161222065O

Romadhona, N., Qodriyah, L., Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Habiddin. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri Malang pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. JIPK: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2642–2651.

Sendur, G., Toprak, M., & Pekmes, E. S. (2011). No Title. E-Jurnal of New World Sciences Academy, 6(IC0388), 1512–1531.

Suhendi, Herni, Yuniarti, Ida Kaniawati, dan Johar Maknun. ( 2014). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Profil Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Hasil Diagnosis Menggunakan Pembelajaran ECIRR Berbantuan Simulasi Virtual dengan Instrumen Three-Tier Test. Prosiding Mathematic and Sciences Forum 2014, 205-213.

Tan, K. C. D., Taber, K. S., Liew, Y. Q., & Teo, K. L. A. (2019). A web-based ionisation energy diagnostic instrument: Exploiting the affordances of technology. Chemistry Education Research and

Practice, 20(2), 412–427. https://doi.org/10.1039/c8rp00215k

Usu, N., Rahmanpiu, & Murhadi, M. A. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP, 4(3), 226–237.

Yamtinah, S., Indriyanti, N. Y., Saputro, S., Mulyani, S., Ulfa, M., Mahardiani, L., … Shidiq, A. S. (2019). The identification and analysis of students’ misconception in chemical equilibrium using computerized two-tier multiple-choice instrument. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.