Pengembangan Cacing Kimia sebagai Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Larutan

Muhammad Muhibullah(1), Muhammad Zamhari(2),


(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, menilai kualitas produk sebagai media pembalajaran kimia secara mandiri, serta mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran kimia berbasis android pada materi larutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate), tetapi pada disseminate hanya dilakukan uji skala kecil. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kualitas dan angket respon siswa. Media yang dikembangkan divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi dan penilaian penggunaan oleh guru kimia dan siswa. Hasil uji validasi ahli materi didapat 93,75% dengan ketegori sangat baik, ahli media  didapat 96,7% dengan kategori sangat baik. Penilaian dilakukan oleh lima orang guru kimia di sekolah negeri dan swasta di Yogyakarta. Respon siswa diambil dari 20 siswa di dua sekolah yang berbeda di Yogkarta. Hasil penilaian guru kimia didapat 81,34% dengan kualitas baik. Adapun respon siswa memberikan hasil sebanyak  84%. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media pembelajaran cacing kimia memiliki kualitas baik dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran kimia mandiri.

Keywords

media pembelajaran kimia, berbasis android, larutan.

Full Text:

PDF

References

Agustina, A., Novita, D. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Video Untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Larutan Asam Basa. Unnesa Journal of Chemical Education, vol.1, no.1, hal. 10-16, ISSN 2252-9454

Chang. R. 2003. General Chemistry: The Essensial Concepts. Terjemahan Martoprawiro, dkk. 2004. Jakarta: Erlangga

Eka Putri, D.P., Muhatadi, A. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 5, no. 1, hal 38-47

Iswara, Gian Pradana Saka., Kuswandi, Dedi., Arafah Husna. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Dilengkapi dengan Simulasi untuk Memvisualisasikan Reaksi Kimia pada Materi Larutan Penyangga SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, vol. 6, no. 2, hal. 38-48

Kartini, K. S., Setiawan, K. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, hal 238-245

Kholinasari, R., Susatyo, E. B., Sarwana. 2020. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, vol. 14, no. 1, hal. 2547-2560

Kusumaningrum, T. 2016. Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Belajar Kosakata Bahasa Prancis Di Sma Negeri 2 Klaten. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Latief, M. 2017. Pengembangan Permainan Ular Jarra sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Asam-Basa. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, vol 20, no. 2 hal 101-107

Merdapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia

Putriani, D., Waryanto, N.H., Hernawati, K. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Program Construct 2 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas 8. Jurnal Pendidikan Matematika UNY, vol. 6, no. 3, hal 1-10, ISSN: 2086-2334

Ramadhani Lubis, I., Ikhsan, J. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 1, no. 2, hal 191-201

StatCounter. (2020, November 2). Mobile Operating System Market Share in Indonesia. Diakses dari https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitattif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yektyastuti, R. Ikhsan, J. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Larutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 2, no.1, hal 88-99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.