Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Masalah untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Laju Reaksi

Lutfiah Nur Hidayati(1), Sri Nurhayati(2), Eko Budi Susatyo(3), Sri Wardani(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Peserta didik penting dilatih keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan masalah dan mudah beradaptasi pada kehidupan di masa depan. Rendahnya tingkat berpikir kritis peserta didik Indonesia berdasarkan data Programme for International Student Assesment 2018 membuat keterampilan berpikir kritis perlu dilatihkan. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penggunaan LKPD elektronik dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran daring. LKPD dapat dikombinasikan dengan model pembelajaran seperti pembelajaran berbasis masalah. Pemilihan materi laju reaksi karena bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik LKPD elektronik berbasis masalah untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi dalam kategori valid dan praktis. Research and Development digunakan sebagai metode penelitian dengan desain penelitian Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate. Hasil penelitian LKPD elektronik memiliki karakteristik dengan berbentuk elektronik, menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, dan memiliki soal dengan indikator keterampilan berpikir kritis. LKPD memiliki kategori sangat valid, praktis saat uji coba skala kecil dan sangat praktis saat uji coba skala besar.

Keywords

LKPD elektronik; Pembelajaran Berbasis Masalah; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References

Agustiana, J. & Miterianifa. 2019. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1), 91-98.

Agustin, Y., Fadiawati, N., & Tania, L. 2017. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5(3), 140966.

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68-76.

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Arafah, S. F., Priyono, B., & Ridlo, S. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Journal of Biology Education, 1(1). 47-53.

Arends, R., & Castle, S. 1991. Learning to Teach (Vol. 2). New York: McGraw-Hill.

Astuti, P., Purwoko, P., & Indaryanti, I. 2017. Pengembangan LKS untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2), 145-155.

Batong, J. S. T. & Wilujeng, I. 2018. Developing Web-Students’ Worksheet Based on Inquiry Training for Increase Science Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). 012021.

Branch, R. M. 2009. Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science and Business Media.

Brookfield, S. D. 2005. The power of critical theory for adult learning and teaching. The Adult Learner, 85.

Cahyani, N. I., & Azizah, U. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3).

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. 2018. Critical Thinking Skill Development: Analysis of A New Learning Management Model for Thai High Schools. Journal of International Studies, 11(2). 37-48.

Efliana, R., & Azhar, M. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terstruktur Kelas XI SMA. Edukimia , 1(3), 53-60.

Ennis, R. H. 1996. Critical thinking dispositions: Their nature and assessability. Informal logic, 18(2&3). 165-182.

Ernawati, Y. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Teks Fabel Berbasis Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 94-103.

Facione, P. A. 2015. Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 2007(1), 1-23.

Fuady, A., & Nursit, I. 2017. Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis ICT untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika SMP Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 2(2), 122-131.

Handayani, R., & Suparman. 2018. Design of Mathematics Student Worksheet based on Realistic Mathematics Education Approach to Improving the Mathematical Communication Ability Students of Class VII Junior High School in Indonesia. International Journal of Engineering and Technology, 7(4.30), 31-35.

Herunata, H., Amayliadevi, R. R., & Widarti, H. R. 2020. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Indikator Memberikan Penjelasan Lebih Lanjut Materi Hidrokarbon. Jurnal Pembelajaran Kimia, 5(1), 47-58.

Indaryanti, I., Susanti, E., Aisyah, N., & Scristia, S. 2019. Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103-109.

Isrokijah, I. 2015. Developing problem-based learning (PBL) worksheets for the eight grade students at junior high school. LLT journal: A Journal on language and language teaching, 18(2), 99-106.

Jusniar, J., Effendy, E., Budiasih, E., & Sutrisno, S. 2020. Misconceptions in Rate of Reaction and Their Impact on Misconceptions in Chemical Equilibrium. European Journal of Educational Research, 9(4), 1405-1423.

Katriani, L. 2014. Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, YL. 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA / MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) , 2(2), 170-177.

Luzyawati, L. 2017. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA materi alat indera melalui model pembelajaran inquiry pictorial riddle. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 9-21.

Nidyasafitri, F., Serevina, V., & Rustana, C. E. 2017. Pengembangan Lks Berbasis PB: (Problem Based Learning) Pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls Fisika Sma Kelas Xi. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(2), 51-57.

Oktaviani, C., Nurmaliah, C., & Mahidin, M. 2017. Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Di SMAN 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 12-19.

Paul, R. W., Elder, L., & Bartell, T. 1997. California teacher preparation for instruction in critical thinking: Research findings and policy recommendations.

Pertiwi, W. J., Solfarina, S., & Langitasari, I. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnosains pada Konsep Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2717-2730.

Rahmadhani, P. & Novita, D. 2018. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Manyar. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(2), 19-30.

Relia, L. 2016. Keterkaitan Antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Produktif (KIP). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 97-103.

Samodra, Y. D. 2018. Character-Based History Worksheet for Grade X Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(1), 56-62.

Sari, A. K. & Trisnawati, W. W. 2019. Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455-466.

Sari, R. T. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA SMK. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Menara Ilmu, 3(46), 2086-0234.

Schleicher, A. 2019. PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing

Sugiyono, P. 2015. Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Supriyatna, A., & Asriani, E. N. 2019. Cara Mudah Merumuskan Indikator Pembelajaran. Serang : Pustaka Bina Putera

Suyitno, A., & Kristiyajati, A. 2016. Strategi Pembelajaran 2, Pengembangan Indikator dan Materi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Umbaryati, U. 2016. Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 217-225.

Windianovi, S., Efendi, R., & Imansyah, H. 2019. Karakterisasi tes keterampilan berpikir kritis pada materi momentum dan impuls menggunakan analisis graded parcial credit model. In Seminar Nasional Fisika, 1(1), 220-229.

Yuliandriati, Y., Susilawati, S., & Rozalinda, R. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ikatan Kimia Kelas X. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 105-120.

Zunaidah, F. N., & Amin, M. 2016. Pengembangan bahan ajar matakuliah Bioteknologi berdasarkan kebutuhan dan karakter mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19-30.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.