Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Asam-Basa untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat

Aulia Risdiana(1), Maria Erna(2), Betty Holiwarni(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau

Abstract

Di era globalisasi dan tuntutan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Menurut survei PISA tahun 2019, Indonesia berada pada peringkat 72 dari 77 negara dan kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk mengerjakan soal-soal kimia berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia di SMAN 1 Pekanbaru, MAN 1 Pekanbaru, dan SMAN 14 Pekanbaru diperoleh informasi bahwa dalam penyusunan soal HOTS memliki kendala yaitu kurangnya keterampilan guru. Analisis instrument test diperoleh informasi bahwa soal ulangan asam basa masih pada level kognitif C1-C3. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal HOTS materi asam basa, menentukan karakteristik alat ukur soal HOTS yaitu reliabel dan daya pembeda, dan mengetahui respon pengguna. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan pada penelitian ini adalah plomp. Prosedur pengembangan produk melalui empat tahap yakni investigasi awal, design, konstruksi/relasasi,dan validasi, ujicoba, dan revisi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil validasi sangat valid (90,7%) berdasarkan aspek materi, konstruksi, HOTS, dan bahasa. Penilaian uji coba kepada pengguna, terdiri dari 3 orang guru kimia, 3 orang mahasiswa baru pendidikan kimia (akt.2021), dan 30 siswa kelas XII. Respon guru sangat setuju dan uji satu-satu sangat baik. Reliabilitas per butir soal sangat tinggi dan soal dapat diterima.

Full Text:

PDF

References

Arifin dan Retnawati. 2017. Pengembangan insturmen pengukur Higher Order Thinking Skills matematika siswa SMA kelas X. Jurnal pendidikan matematika. 12(1): 98-108

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.