Pengembangan e-LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks

Dewi Novita Syahputri(1), Febrian Solikhin(2), Nurhamidah Nurhamidah(3),


(1) Universitas Bengkulu
(2) Universitas Bengkulu
(3) Universitas Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis discovery learning, mengetahui tingkat kelayakan, respon peserta didik, dan tingkat pemahaman konsep. Pengembangan e-LKPD berbasis discovery learning menggunakan model 4D (define, design, development, dan disseminate) yang dibatasi sampai tahap ke 3 yaitu tahap pengembangan (development). Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kota Bengkulu dengan populasi seluruh peserta didik kelas X IPA tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dengan teknik puprosive sampling yang dipilih langsung oleh guru kimia dengan peserta didik yang memiliki kemampuan heterogen, sehingga sampel pada penelitian ini yaitu 12 peserta didik kelas X IPA 5 untuk uji coba kelompok kecil dan 35 peserta didik kelas X IPA 4 untuk uji coba kelompok besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar observasi, lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar validasi instrumen tes, angket respon peserta didik, dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-LKPD dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik, dengan uraian sebagai berikut (1) tingkat kelayakan e-LKPD pada aspek materi memperoleh persentase sebesar 83,91% yang termasuk dalam kategori sangat valid, dan aspek media memperoleh persentase sebesar 91,17% yang termasuk dalam kategori sangat valid, (2) hasil respon peserta didik yaitu sebesar 86,66% yang termasuk dalam kategori sangat menarik, (3) tingkat pemahaman konsep peserta didik pada materi reaksi redoks setelah menggunakan e-LKPD berbasis discovery learning berada pada tingkat sedang dilihat dari hasil N-Gain skor rata-rata sebesar 0,65.

Keywords

discovery learning; e-LKPD; pemahaman konsep; reaksi redoks

Full Text:

PDF

References

Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398.

Amrullah, A., K, Muslimin, I., & Wahono, W. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar. 3(1): 378-387.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta. Rineka Cipta. ISBN: 9789795180180

Azwar, S. (2012). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Haloho, S., H., Agus, P., & Isti, H. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VIIF SMPN 22 Semarang Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan APM. PRISMA. 821-827.

Iqbal, M., Fatah, A. H., & Syarpin, S. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Berbasis Multipel Representasi Menggunakan Lectora Inspire. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 152–163. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.83

Izzatuannisa, Yayuk, A., Aliefman, H. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar MIPA. 14(2): 49-54.

Langitasari, I. (2016). Analisis Kemampuan Awal Multi Level Representasi Mahasiswa Tingkat I Pada Konsep Reaksi Redoks. Edu Chemia, 1(1), 14–24.

Widiastuti, N., L. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1): 479-490.

Muttaqin, Z., Hanum, L., & Nazar, M. (2020). Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Reaksi Reduksi - Oksidasi Sebagai Sumber Belajar Kelas X MAN 2 Aceh Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia, 4(2), 17–26.

Neliwati. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori Dan Praktek). Medan: CV. Widya Puspita.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Nur Khofiyah, H., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61. doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. doi.org/10.52436/1.jpti.87

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press. ISBN: 9786029789893.

Putri, A. E. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Literasi Digital Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Tradisi Saprahan di Pontianak. Yupa: Historical Studies Journal, 3(1), 1–7. doi.org/10.30872/yupa.v3i1.132

Salmina, M., & Mustafa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Dimensi Tiga Dengan Bantuan Video Pembelajaran. Jurnal Numeracy, 6(2), 247–254.

Sani, R., A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sindu, I. G. P., Santyadiputra, G. S., & Permana, A. A. J. (2021). Designing learning object using articulate storyline 3 for supporting Indonesia online learning system (spada). Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012058

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(3). 3-9

Suryaningsih, S., Nurlita, R., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E-Lkpd ) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 2. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi ), 2(7), 1256–1268.

Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287. doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048

Thiagarajan. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Washington DC: National Center For Improvment Educational System.

Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175. doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890

Wicaksana, E. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117–124. doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.