Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Nur Hamidah, Sri Haryani, Sri Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan, dan respon siswa pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan “one group pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 2 dengan 34 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi produk, lembar angket respon siswa, lembar angket respon guru, lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar soal evaluasi, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik. Analisis data observasi menggunakan Inter Reters Reliability, sedangkan analisis data angket menggunakan a-Cronbach. Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis soal evaluasi pre-test dan post-test meningkat diperoleh rerata N-gain ³ 0,70 dengan rata-rata nilai pre-test 23,97 dan rata-rata nilai post-test 81,47. Rerata penilaian afektif siswa “sangat baik” dan psikomotorik siswa “baik”. Hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung > t (0,05)(66) yaitu 30,40 > 1,66. Hal  ini menandakan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Keywords


Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Lembar Kerja Peserta Didik

Full Text:

Untitled PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.