PENGEMBANGAN CONCEPT-MAPPING ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN MAHASISWA MENGKONSTRUK KONSEP ELEKTRONIKA

Ani Rusilowati(1), Ahmad Sopyan(2),


(1) Jl. Gurami I/B 59 Ungaran Telp: (024) 6923003, Mobile Phone: 081325567575
(2) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model concept-mapping assessment (CMA) untuk mengukur kemampuan mahasiswadalam mengkonstruk konsep elektronika, beserta fitur pendukungnya. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dalam tigatahap, yaitu: (1) eksplorasi secara teoretis dan reviu pakar terhadap fitur model CMA. (2) Uji empiris, untuk memvalidasi secaraempiris fitur model CMA. (3) Tahap implementasi, untuk mengetahui efektifitas model dan memperoleh model alat evaluasi yangtelah teruji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur yang dikembangkan telah memenuhi validitas dan reliabilitas sebagaiinstrumen penilaian. Hasil implementasi menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam mengkonstruk konsep berada padaLevel III. Hal ini berarti mahasiswa telah mampu: (1) membuat banyak konsep yang berhubungan dengan tema, (2) memahamipengaturan konsep dengan menunjukkan keterkaitan antarkonsep, (3) menggunakan struktur hirarkis untuk memindahkan idepokok ke subpokok, (4) menggunakan banyak garis dan kata penghubung atau label, (5) menggunakan kata penghubung yangbervariasi, dan (6) membuat cross link yang menunjukkan keterkaitan antarkonsep secara langsung. Rerata skor yang diperolehmahasiswa dalam menyelesaikan CMA model C sedikit lebih tinggi dari model S.

 

The purpose of this research is to develop concept-mapping assessment (CMA) model to measure students' ability in constructingelectronics concepts and their support feature. The research was performed in three stages: (1) theoretical exploration and expertreview of CMA model feature. (2) Empirical test to validate CMA model feature empirically. (3) Implementation stage to examinemodel effectiveness and find tested evaluation tool model. The result shows that the developed features have satisfied assessmentinstrument validity and reliability. Result of implementation shows that students' ability in constructing electronics concepts locatedin the third level, which means that the student is able to (1) make many concepts related to theme, (2) understand concept structureby showing interrelation concept, (3) use hierarchical structure to move main idea to sub-main idea, (4) use many lines andconnection words or label, (5) use various connection words, and (6) make cross link showing interconnection between conceptsdirectly. Average score gathered by the student in finishing C CMA model is little bit higher than S model.

Keywords: concept-mapping assessment; electronics concept; evaluation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License