EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Ivayuni Listiani(1),


(1) Universitas PGRI Madiun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas lembar kerja untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif.  Desain penelitian adalah Posttest Only Control Group Design dengan menggunakan lembar kerja mahasiswa pada kelompok eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 5 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Madiun tahun akademik 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga diperoleh semseter 5 kelas D sebagai kelompok eksperimen dan semester 5 kelas F sebagai kelompok kontrol.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay, lembar observasi, serta dokumen akademik. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig. 0,000 hal ini dapat disimpulkan bahwa lembar kerja efektif untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Keywords

Lembar Kerja, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References

Alias Masek & Sulaiman Yamin. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thingking Ability: A Theoretical and Empirical Review. Journal of International Review of Social Sciences and Humanities, Vol.2 (1), hlm. 215-221.

Bechina, Aurilla Arntzen. 2006. Knowledge Sharing Practices: Analysis of Global Scandinavian Consultant Company. Electronic International Journal of Knowledge Management, 4 (2), 109-116.

BSNP. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Depdiknas.

Cabrera, G.A. (1992). A Framework for Evaluating the Teaching of Critical Thinking. Dalam R.N Cassel (ed). Education. 113 (1). 59-63.

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Facione, P.A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Diperoleh 3 Februari 2016, dari http://www.insightassessment.com/CT-Resources/Independent-Critical-Thinking- Research/pdf-file/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF.

Fathi, D., Zolfaghari, A.R., Hashemi, M. (2011). The Contrastive Study of Mental Health Status of the Mothers of Exceptional Children (Deaf and Blind) in Special Educational System with Combined Educational System: Social and Behavioral Sciences. (30), 1877-1820.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2010). Fundamentals of Physics, Chapters 33-37. John Wiley & Sons.

Ibrahim, M. 2007. Kecakapan Hidup: Berpikir Kritis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ibrahim, M. dan Nur, M. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Pusat Sains dan MatematikSekolah. Universitas Negeri Surabaya.

Ibrahim, Muslimin. 2011. Integrasi Fenomena IPA dalam Pembelajaran: Sebuah Alternatif pendidik Komprehensif.Bunga Rampai Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Generasi Masa Depan. Surabaya: University Press.

Liliasari. (2011). Peningkatan Kualitas Guru Sains Melalui Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Pasca Sarjana. Bandung: UPI.

Mayadiana, D. 2005. Pembelajran dengan Pendekatan diskursus untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Tesis pada Sekolah Pasca Sarjana UPI: tidak diterbitkan.

Rhofiki, Badri. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di SDN Ardisaeng 1 Bondowoso.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Santrock, John W., (2008). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Silberman, Mel. 2010. 101 Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif. Jakarta: Index.

Solso. 2008. Psikologi Kognisi Edisi Ke-8. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 02 No. 02. [online]. Tersedia: http://physicsmaster.orgfree.com/Artikel%20&%20Jurnal/Wawasan%20Pe ndidikan/PBL%20Model.pdf.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas lembar kerja siswa. Makalah ini disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan judul “Pelatihan Penyusunan Lks Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK” di Ruang Sidang Kimia FMIPA UNY pada tanggal, 22.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License