HUBUNGAN PERILAKU POSITIF DALAM PRAKTIKUM DAN KETERLAKSANAAN BIMBINGAN KARIR DENGAN KESIAPAN BERKARIR DI DUNIA INDUSTRI SISWA SMKN KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA DI KOTA MALANG

Annisa Dwi Nur Kholifah(1), Setiadi Cahyono Putro(2), Yuni Rahmawati(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap signifikansi hubungan antara perilaku positif dalam praktikum (X1)dan keterlaksanaan bimbingan karir (X2)secara simultan terhadap kesiapan berkarir di dunia industri dan besar kontribusinya. Jumlah sampel sebanyak 157 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner tertutup yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara (X1) dan (X2) terhadap (Y) secara simultan dengan nilai psig   <  pstandart yaitu 0,000 < 0,05.  Besarnya kontribusi (X1) dan (X2) terhadap (Y) sebesar 14,00% dengan persamaan garis regresi Y= 12,496 + 0,276X1 + 0,359X2.

Keywords

kesiapan berkarir di dunia industri, perilaku positif dalam praktikum, keteralaksanaan bimbingan karir

Full Text:

PDF

References

DAFTAR RUJUKAN

Abdurachman, Sudirman, M., dan Sucitra, A. 2010. Perilaku Manusia Jurusan Pendidikan MIPA dalam Kegiatan Praktikum pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di UPBJJ-UT Bandung Masa Registrasi 2010.0.0. Laporan Penelitian Madya Bidang Kelembagaan. Bandung: Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka.

Alfaiz, Dahamis & Syahniar. 2013. Kontribusi Efikasi Diri dan Konsep Diri terhadap Kesiapan Arah Karir Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/1042/930 (online) diakses 15 Oktober 2017

Anggraeni, H. G., Putro, S.C., dan Rahmawati, Y.,. 2015. Studi Pemahaman Karier dan Relevansi Praktikum terhadap Kesiapan Kerja pada Siswa SMK. Jurnal Teknologi Elektro Kejuruan (TEKNO) 24 (2). Dari https://scholar.google.co.id/citations?user=dJ8RBIwAAAAJ&hl=id (online) diakses pada 20 November 2017.

Azwar, S. 2002. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Badan Pusat Statistik, 2017 dari www.bps.go.id (https://www.bps.go.id/Subjek/view/id/6#subjekViewTab3|accordion-daftar-subjek1) (online) diakses 3 November 2017.

bisnis.liputan6.com (online) di akses 28 November 2017.

Chapman, E. N. 2017. Pengertian Sikap Positif Menurut para Ahli. Dari http://www.indonesiastudent.com/pengertian-sikap-positif-menurut-para-ahli-lengkap/ (online) diakses pada 18 Oktober 2017.

Danim & Darwis. 2002. Metode Penelitian Kebidanan: Prosedur, Kebijakan, dan Etik. Jakarta: Penerbit Buku Kebidanan.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakart Pusat : Kurikulum Balitbang.

Dirgantoro, F. 2004. Manage Your Career. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ferianan, N.S., Wahyuni, I., dan Ekawati. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Bagian Pengecatan Bus PT. Mekar Armada Jaya Magelang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=195399&val=4700&title=Faktor-Faktor%20Yang%20Berhubungan%20Dengan%20Praktik%20Penggunaan%20Alat%20Pelindung%20Diri%20Pada%20Bagian%20Pengecatan%20Bus%20PT.%20Mekar%20Armada%20Jaya%20Magelang (online) diakses 12 april 2018

finance.detik.com (online). Di akses pada 18 Oktober 2017.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hidayati, R. 2014. Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling Gusjigang. Dari https://media.neliti.com/media/publications/107128-ID-layanan-informasi-karir-membantu-peserta.pdf (online) diakses 12 april 2018

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Universitas Negeri Padang.

Rokyah, A. F. 2016. Hubungan Perilaku Praktikum dan Aktivitas Kerja Prakerin dengan Kesiapan Kerja pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Se-Kota Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Salamah. 2006. Kesiapan Mental Masuk Dunia Kerja Ditinjau Dari Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda Dan Penerimaan Bimbingan Karir Siswa SMK di DIY. Jurnal Konseling. Dari http://upy.ac.id/digilib/journal/salamah/9_Kesiapan_Mental_Masuk_Dunia_Kerja.pdf (online) diakses 12 april 2018

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana dalam Budiarsih.

Setiawan, A. 2010. Efektifitas Bimbingan Kelompok Tugas Untuk Mengembangkan Kemandirian Pilihan Karir Pada Siswa Kelas X SMK(SMEA) Pelita Nusantara I Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Penelitian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (JP3B). Dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP3B/article/view/269/237 (online) diakses 12 april 2018

Siswoyo. 2010. Kenapa Pilih Masuk SMK?. http://waspadamedan.com/index.php?option=com_content&view=article &id=5090:kenapa-pilih-masuk-smk&catid=74:kreasi&Itemid=231. (online) diakses tanggal 19 November 2017.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sukardi, D.K. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara.

Walgito, B. 2010. Bimbingan + Konseling [Studi & Karir]. Yogyakarta: Andi Offset

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License