EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSI BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA DI SD NEGERI TAMAN SARI KOTA YOGYAKARTA

Fitri Indriani, Satrianawati Satrianawati

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi program yang bertujuan untuk mengukur tingkat kesesuaian penyelenggaraan pendidikan inklusi berbasis nilai-nilai pancasila di SD Negeri Taman Sari Kota Yogyakarta. Data diperoleh dengan menggunakan angket yang disusun berbasis nilai-nilai Pancasila, khususnya sila pertama, kedua, dan kelima. Objek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Penelitian mengkaji tiga bagian dalam evaluasi program yaitu input, proses, dan output sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusi yang disesuaikan nilai-nilai Pancasila. Hasil penelitian melalui angket yang diberikan kepada kepala sekolah maupun guru menunjukkan bahwa input, proses dan output berada dalam kategori sangat baik yaitu ≥ 85%. Oleh karena itu, SD Negeri Taman Sari Kota Yogyakarta layak dikatakan sebagai sekolah penyelenggara Pendidikan inklusi berbasis Nilai-nilai Pancasila.


Keywords


Pendidikan inklusi; nilai pancasila

References


Alisson, K. R., Vu-Nguyen, K., Ng., B, Schoueri-Mychasiw N, Dwyer, JJ., Manson, H, Hobin, E., Manske, S., Robertson, J. 2016. “Evaluation of Daily Physical Activity (DPA) policy implementation in Ontario: surveys of elementary school administrators and teachers”. Springer Journal: BMC Public Health,16 (1): 746

Cheng, Hsin-Yi Kathy, Man-Ting Wong, Yu-Chung Yu & Yan-Ying Ju. 2016. “Work-Related Musculoskeletal Disorders and Ergonomic Risk Factors in Special Education Teachers And Teacher’s Aides. BMC Public Health , 16(1):137

Cyril, S., Halliday., Green., and Renzaho. 2016. “Relationship Between Body Mass Index And Family Functioning, Family Communication, Family Type and Parenting Style Among African Migrant Parents And Children In Victoria, Australia: A Parent-Child Dyad Study. Springer Journal: BMC Public Health, 2016, 16 (1): 707

Elisa, Syafrida & Wrastari, Aryani Tri. 2013. “Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau dari Faktor Pembentuk Sikap”. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, 2(2): 1:10.

Erawati, I. L., Sudjarwo, & Sinaga, R.M.. 2016. Pendidikan Karakter Bangsa Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusif. Jurnal Studi Sosial. 4 (1):20-29.

Friend, M and Burstuck, D. W 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan Praktis untuk Mengajar(edisi ketujuh). Pustaka Pelajar: Celeban Timur, Umbulharjo, Yogyakarta.

Garnida, D. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Isabella, Paramita., Emosda, & Suratno. 2014. “Evaluasi Penyeenggaraan Pendidikan Inklusi Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SDN 131 /IV Kota Jambi”. Jurnal Tekno-Pedagogi, 4(2): 45-59.

Jachova, Z. 2004. Inclusive Education of Children With Special Needs In Republic of Macedoni. Journal of Special Education and Rehabilitation, 1-2: 35-46.

Maftuhatin, L. 2014. “Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Kelas Inklusif di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang”. Jurnal Studi Islam, 5(2): 201-227.

Mahnmud, S. A. S. H, Che Ahmad A. 2014. “Review of Special Education Programs in Jordan: Current Practices, Challenges, and Prospects”. J Spec Educ Rehab, 15(3-4):24-42.

Permendiknas nomor 70 tahun 2009 tentang Penyelenggaran Pendidikan Inklusi.

Spasovski, O. 2010. Principles of The Inclusive Education and The Role of Teachers and in-School Profesional Staff. Jurnal of Special Education and Rehabilitation. 11(1-2).

Wati, I. T.P. & Sudarto, Z. 2013. Implementasi Kegiatan Belajar Mengajar Pada Sekolah Inklusif Di SMPN 29 Surabaya. Jurnal Pendidikan. Pendidikan Luar Biasa.


Full Text: PDF

DOI: 10.15294/jpp.v35i2.15426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.