PENGEMBANGAN APLIKASI E-MINDMAPS PADA MATERI ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR MEMANFAATKAN GROUPWARE BERBASIS ANDROID

Praharisti Kurniasari, Agusti Mardikaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi kebutuhan pengembangan bahan ilmu sosial dan budaya dasar dengan mengunakan aplikasi emindmap memanfaatkan groupware berbasis android untuk meningkatkan motivasi mahasiswa, 2) menyusun bahan ajar ilmu sosial dan budaya dasar dengan menggunakan aplikasi emindmaps memanfaatkan groupware berbasis android untuk meningkatkan motivasi mahasiswa, 3) mendesiminasi desain produk (desain aplikasi emindmap) pada prodi – prodi sevisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/ RD). Model pengembangan media dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu konsep (concept), perencanaan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), percobaan (testing) dan distribusi (distribution). Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa aplikasi emindmaps berbasis android yang dapat meningkatkan motivasi mahasiswa. Data yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu data hasil validasi materi yaitu 81,1% , kategori layak dengan predikat bagus; dan hasil validasi media yaitu 80,83% , kategori layak dengan predikat bagus.

Keywords


bahan ajar, ilmu sosial budaya dasar, aplikasi emindmaps dan android

References


Arikunto,S .1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineksa Cipta

Azhar A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Buzan, T. 2010. Buku Pintar Mind map .Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Davies, M. 2011. Mind mapping, Concept Mapping And Argument Mapping: What Are The Differences and Do They Matter?. High Education, 62(3):279–301.

Priantini, D. A. M. M. O., Atmadja, N. B, Marhaeni, A.A.I.N, 2013. Pengaruh Metode Mind mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Prestasi Belajar IPS. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 3: Tanpa halaman.

DePorter, B. & Hernacki, M. 2013. Quantum Learning (Alwiyah Abdurrahman). Bandung: MMU.

Dewi, G.P.H. 2010. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Georgiev, T., E. Georgieva, & A. Smrikarov. 2004. M-learning-a New Stage of Е-Learning. In International Conference on Computer Systems and Technologies-CompSysTech, 4(28): 1-4).

Hartati, Y. 2012. Penerapan Metode Mind mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII C SMP N 4 Wonosari, Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

McClure. J. R., B. Sonak, & H. K. Suen.1999. Mind map Assessment of Classroom Learning: Reliability, Validity, and Logistical Practicality. Journal of Research in Science Teaching, 36(4): 475–492.

Eppler, M. J. 2006. A comparison between concept maps, mind maps, conceptual diagrams, and visual metaphors as complementary tools for knowledge construction and sharing. Information visualization, 5(3): 202-210.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Depdiknas

Sutopo, A. H. .2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tasri, L. 2011. Pengembangan bahan Ajar Berbasis Web. Jurnal medtek: 3(2): tanpa halaman.

i Mariyan, N. W., Marhaeni, A. A. I. N., & Sutama, M. 2013. Pengaruh Implementasi Strategi Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Menulis Kreatif ditinjau dari Kreativitas Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1):tanpa halaman.


Full Text: PDF

DOI: 10.15294/jpp.v35i2.15844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.