PENGEMBANGAN MEDIA GEOMETRY FUN ACTIVITY BERCIRI KONSERVASI

Elok Fariha Sari, Nursiwi Nugraheni, Trimurtini Trimurtini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Geometry Fun Activity berciri konservasi dengan menggunakan model ADDIE dan mengetahui kelayakan media Geometry Fun Activity. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses pengembangan media Geometry Fun Activity meliputi tahap: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Validasi media dilakukan oleh seorang ahli media dan ahli materi. Media yang dihasilkan diujicobakan kepada 30 orang mahasiswa semester 4 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (Jurusan PGSD FIP UNNES). Hasil pengembangan media Geometry Fun Activity ini berupa media latihan soal yang dikombinasikan dengan gambar yang bertema konservasi khususnya konservasi etika seni dan budaya. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media layak digunakan terbukti dengan validasi ahli media mendapatkan nilai 3,6 yang artinya masuk dalam kategori layak digunakan, ahli materi mendapatkan nilai 3,4 masuk dalam kategori layak digunakan tanpa revisi, dan respon positif mahasiswa sebanyak 95,2% menyatakan media layak digunakan. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu referensi untuk melengkapi pembelajaran geometri, dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan media geometri.


Keywords


Geometry Fun Activity, Konservasi

References


Arsyad, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Budiman, H. 2014. Pengaruh Pembelajaran Geometri Terhadap Sikap Matematik dan Kecemasan Matematika Siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1): 20-30.

Prasetyawan, E. 2017. Upaya Meningkatkan Sikap terhadap Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Pada Siswa Kelas VII D SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis, 1(5): 24-40.

Harahapa, L.W., Suryab, E. 2017. Development of Learning Media in Mathematics for Students with Special Needs. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3): 1-12.

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1(2) hal 30-42.

Heriyati. 2017. Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 7(1): 22-32.

Hirtanto, Mardiyana, Sujadi, I. 2015. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Komputer Pada Materi Pokok Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Smp Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(8): 24-836.

Lambertus, Ambarsari, M., Maonde, F. 2016. Pengaruh Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2): 105-124.

Lee, W. & Owens, D, L. 2004. Multimedia Based Instructional Design, Second Edition. United States Of America: John Wiley & Sonc, Inc.

Lestari, W. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3 (1): 76-84.

Nugraheni, N. 2017. Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2): 111-117.

Nugraheni, N, Sari, E.F. & Trimurtini. 2018. Pengembangan Media Geometry Fun Activity Berciri Konservasi Pada Kuliah Geometri dan Pengukuran SD. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan. FIP UNNES.

Purnama, MD , Irawan, EB , Sa’dijah, C. 2017. Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan Dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1): 46-51.

Ratnasari, Ika Wanda. 2017. Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo, 5 (2) : 400-405.

Sudarwan, R.E. dan Retnawati, H. 2015. Pengembangan Perangkat Assessment Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Geometri Dan Pengukuran SMP/MTs. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(2) 251-261.

Sumartono, Normalina. 2015. Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1): 84 – 91.

Suwoto. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. DINAMIKA, 15 (1): 105-116.

Syamarro, N., Saluki, Winarso, W. 2015. Pengaruh Motivasi dan Persepsi Siswa pada Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Dukupuntang Kabupaten Cirebon (Pokok Bahasan Kubus dan Balok). EduMa, 4 (2) : 105-111.

Trimurtini, Wahyuningsih, Sari, E.F., & Nugraheni, N. 2018. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berorientasi TIG Bagi Guru SD/ MI Gugus Pangeran Diponegoro. Jurnal ABDIMAS, 22(1): 97-102.

Wahyu, Lalu Muh. Nurul. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan, 2 (1): 38-43.


Full Text: PDF

DOI: 10.15294/jpp.v35i2.16338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.