PENGEMBANGAN ASESMEN ALTERNATIF PRAKTIKUM KIMIA DASAR II MELALUI CHEMISTRY FAIR PROJECT (CFP) BERBASIS KONSERVASI DENGAN MEMANFAATKAN DAILY CHEMICAL

Indah Urwatin Wusqo, Muhamad Taufiq, Rohima Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan asesmen alternatif pada praktikum kimia dasar II melalui chemistry fair project berbasis konservasi dengan memanfaatkan daily chemical(2) Mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) Model pengembangan yang diterapkan Dick dan Carey (1985). Subjek uji coba terbatas maupun subjek uji coba lapangan adalah dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan IPA UNNES. Sampel ditentukan secara purposive, yaitu dosen pengampu dan mahasiswa yang menempuh mata kuliah Praktikum Kimia Dasar II. Data yang diperoleh dari uji coba ini adalah: (1) masukan dari pakar, untuk menentukan validitas isi dan konstruk dari fitur asesmen; (2) masukan dari sampel uji coba terbatas, untuk menentukan kepraktisan petunjuk chemistry fair project (CFP) berbasis konservasi dengan memanfaatkan daily chemical ; Instrumen pengumpul data berupa angket keterbacaan petunjuk pembuatan chemistry fair project (CFP) berbasis konservasi dengan memanfaatkan daily chemical, pedoman penskoran. (3) data hasil belajar siswa untuk mengetahui efektivitas asesmen. Masukan dari pakar angket mahasiswa, dan nilai chemistry fair project (CFP) sampel ujicoba terbatas dianalisis secara kualitatif, dan kuantitatif. Asesmen alternative Praktikum Kimia Dasar II yang dikembangkan dikatakan berhasil baik apabila asesmen yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.

Keywords


asesmen alternative, chemistry fair project, konservasi, daily chemical

References


Abdullah, Ade Gafar., Ana., Hakim, Dadang Lukman. 2014. Perakitan Modul Latih Otomasi Industri Melalui Project-Based Laboratory dengan Penilaian Kinerja Berbasis Fuzzy Grading System. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 13 sd.14 November 2014 ISBN: 978-60272004-0-1

Abdullah, Ana, dan Hakim. 2014. Perakitan Modul Latih Otomasi Industri Melalui Project-Based Laboratory dengan Penilaian Kinerja Berbasis Fuzzy Grading System.

Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 13 sd. 14 November 2014. ISBN: 978-602-72004-0-1

Ana, Sunarsih dan Neni Rohaeni. 2013. Pengembangan Tugas Akhir Melalui Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Generic Green Skills Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 21( 3). 219-226

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arvin Kumar. (2007). Assessment of Practical in Science. Delhi: Central Board of Secondary Education.

Bell, Stephanie. 2010. Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. LLC: Taylor & Francis Group ISSN: 0009-8655 print DOI: 10.1080/00098650903505415

Betts, Julia Nykeah. 2014. Evaluation of a High School Science Fair Program for promoting Successful Inquiry-based Learning. Dissertations and Theses: Portland State University

Hatfield, M. M, Edwards, N.T., Bitter, G.G., et al. (2003). Mathematics methods for elementary and middle school teachers. New York: John Wiley & Sons.

Home Science Tools. 2007. Gateway to Discovery: A Science Fair Guide to Get You Started. diunduh 17 Maret 2015 darihttp://www.hometrainingtools.com/media/reference/science-fairguide.pdf

Myers, Karen Martin., Stephen, Mary Ellen.,Young, Mary. Student Guide: How to Do a Science Fair Project. diunduh 17 Maret 2015 dari http://www.massscifair.com/sites/default/files/student_guide_312_0.pdf

Ramlawati, Liliasari, dan Wulan, Anna Ratna. 2012. Pengembangan Model Asesmen Portofol io El ektroni k (APE) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa. Jurnal Chemica 13 (1 ): 31 - 41

Rusilowati, Ani dan Sopyan, Ahmad. 2011. Pengembangan concept Mapping Assessment untuk Mengukur Kemampuan Mahasiswa Mengkonstruk Konsep ELektronika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7: 13-16

Saputra, Dede Irawan., Abdullah, Ade Gafar., Hakim, Dadang Lukman. 2014. Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Logika Fuzzy. Invotec. X(1): 13-34

Setiani, Fatimah. 2011. Pengembangan Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 15(2): 250268

Sudjana. Nana 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Sudrajat, Ajat., Permanasari, Anna., Zainul, Asmawi., dan Buchari. 2011. Pengembangan Rubrik Asesmen Kinerja untuk Mengukur Kompetensi Mahasiswa Melakukan Praktikum Kimia Analisis Volumetri. Jurnal Chemica. 12 (1): 1-8

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

The George Lucas Educational Foundation.(2005).Instructional Module Project Based Learning. Diambil pada tanggal 10 Maret 2015 dari http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php

Uno, Hamzah B dan Koni, Satria. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wusqo, Indah Urwatin. 2014. Upaya Mendorong Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Inovasi Konservasi Pangan. Indonesian Journal of Conservation 1(3):75-82

Wusqo, Indah Urwatin dan Khusniati, Miranita. 2014. Biochemistry Project Inquiry (BPI) Sebagai Salah Satu Assessment Alternatif Praktikum Biokimia. Proceeding Seminar ALFA III. Semarang, Desember 2014. ISBN: 978.602.701971-3


Full Text: PDF

DOI: 10.15294/jpp.v33i2.9096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.