PENGEMBANGAN HISTORY ROOM BERBASIS MEDIA VISUAL BERTEMA SEJARAH LOKAL SEMARANG DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Karyono Karyono(1), Andy Suryadi(2),


(1) Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengembangkan model history room berbasis media visual bertema sejarah lokal di Kabupaten dan Kota Semarang. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mengembangkan pengembangan prototype model history room berbasis media visual bertema sejarah lokal pembelajaran sejarah; (2) prototype model dikembangkan menjadi model history room berbasis media visual bertema sejarah lokal pada pembelajaran sejarah; (3) Menguji efektivitas model history room berbasis media visual bertema sejarah lokal diterapkan dalam praksis pembelajaran. Luaran yang akan dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Prototype model history room berbasis media visual bertema sejarah lokal; (2) Model history room berbasis media visual bertema sejarah lokal; (3) Publikasi ilmiah terkait hasil penelitian dalam seminar dan jurnal terakreditasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan “Penelitian Pengembangan” (Research and Development). Dalam penelitian ini Research and Development dimanfaatkan untuk menghasilkan model history room berbasis media visual bertema sejarah lokal. Pengembangan ruang sejarah merupakan satu hal yang dibutuhkan oleh guru sejarah. Ruang sejarah memberikan kesempatan bagi guru untuk memanfaatkan secara optimal media-media visual untuk pembelajaran sejarah. Ruang sejarah dapat digunakan untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013. Melalui ruang sejarah pendekatan saintifik dalam pelajaran sejarah menjadi lebih mudah diimplementasikan. Pemanfaatan ruang sejarah memiliki beberapa manfaat. Pertama, ruang sejarah mampu menyediakan “rumah” bagi guru sejarah. Kedua, keberadaan ruang sejarah mampu membangun dam meemlihara atmosfer pembelajaran yang efektif. Ketiga, ruang sejarah mampu membuat pembelajaran sejarah lebih efektif. Keempat, ruang sejarah dapat menghemat waktu pembelajaran karena media dalam ruang sejarah telah tersedia dan dapat dimanfaatkan secara segera.

Keywords

Ruang sejarah, media visual, sejarah lokal, pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Assistant Masters Association. 1975. The Teaching of History in Secondry Schools. Fourth Edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Borg, W. R., & Gall, M. D. 1989. Educational research. New York: Longman.

Kasmadi, Hartono. 2001. Pengembangan vPembelajaran dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran Sejarah. Semarang: PT. Prima Nugraha Pratama.

Kaup, M.L., H. Chan Kim, & M. Dudek. 2013. ”Planning to Learn: The Role of Interior Design in Educational Settings”. International Journal of Designs for Learning, Vol. 4(2). Hlm. 41-55.

Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Terjemahan. Jakarta: Grasindo.

Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud.

Obeidar, A. & R. Al Share. 2012. ”Quality Learning Environment: Design-Studio Classroom”. Asian Culture and History, Vol 4 (2), July 2012. Hlm. 165-174.

Rusmiyati, Ustri. 2010. ”Efektivitas Pemanfaatan Ruang Sejarah (History Room) Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS Semester II SMA N 2 Rembang Tahun Pelajaran 2009/2010”. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Sadiman, Arief W., dkk.2002. Media Pendidikan: Pengertian, Perkembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Widja, I Gde. 1988. Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Widja, I Gde. 1989. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License