PENGEMBANGAN SOFTSKILL DAN HASIL BELAJAR KIMIA DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN 5-E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION)

Samuel Budi WK,, Ella Kusumastuti, Nuni Widiarti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia dan Soft skill mahasiswa dengan menggunakan strategi pembelajaran 5-E((Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap. Tiap tahap terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia UNNES. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan pengembangan soft skill mahasiswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pengembangan soft skill mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa jurusan Kimia UNNES meningkat. Rerata hasil belajar tahap I adalah 64,62, tahap II adalah 75,85, dan pada tahap III adalah 79,77. Hasil rerata soft skill mahasiswa yang memenuhi kriteria tinggi dan sangat tinggi meningkat dari tahap 1 (77%), tahap 2 (80%) dan tahap 3 (92%).

Keywords


5-E, Soft skill, Pembelajaran Kimia

References


Beyerebach, B. & Smith, J. (1990). Using a computerized con5Et mapping program to assess preservice teachers thinking about effective teaching. Journal of Research in Science Teaching, 27, 961-971.

Barakat, H. 2000. Secondary school students difficulties with stoichiometry. School Science Review, 81, 91-98.

Brandt, L., Elen, J., Hellemans, J., Heerman, L., Couwenberg, I., Volckaert, L., & Morisse, H. 2001. The impact of con5Et mapping and visualization on the learning of secondary school chemistry students. International Journal of Science Education, 23, 1303-13 13.

Horton, P., McConney, A., Gallo, M., Woods, A, Senn, G., Hamelin, D. 1993. An investigation of the effectiveness of con5Et mapping as an instructional tool. Science Education, 77, 95111.

Johnstone, A., & Otis, K. 2006. Con5Et mapping in problem based learning: A cautionary tale. Chemistry Education Research and Practice, 7, 84.95.

Kinchin, I., Hay, D. & Adams, A. 2000. How a qualitative approach to con5Et map analysis can be used to aid learning by illustrating patterns of con5Etual development. Educational Research, 42, 43-57.

Liu, X. 2004. Using con5Et mapping for assessing and promoting relational con5Etual change. Science Education, 88, 373-396.

Markham, K., Mintzes, J., & Jones, M. 1994. The con5Et map as a research and evaluation tool: Further evidence of validity. Journal of Research in Science Teaching, 31, 91-101.

Markow, P., & Lonning, R. 1998. Usefulness of con5Et maps in college chemistry laboratories: Students per5Etions and effects on achievement. Journal of Research in Science Teaching, 35, 10151029.

Murachman, B. 2005. Pengelolaan Energi dalam Mengatasi Krisis Bahan Bakar yang Didukung oleh SDM Berkualitas,Makalah Seminar Nasonal Kimia dan Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia FMIPA UNNES. Semarang.

Nakhleh, M. 1992. Why some students dont learn chemistry. Journal of Chemical Education, 69, 191-196.

Nicoll, G., Francisco, J., & Nakhleh, M. 2001. An investigation of the value of using con5Et maps in general chemistry. Journal of Chemical Education, 78, 1111-1117.

Novak, J., & Musonda, D. 1991. A twelveyear longitudinal study of science con5Et learning. American Educational Research Journal, 28, 117-153.

Stensvold, M. & Wilson, J. 1992. Using con5Et maps as a tool to apply chemistry con5Ets to laboratory activities. Journal of Chemical Education, 69, 230232.

Sudjana. 2000. Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Cetakan V. Bandung: Sinar

Baru Algensindo. Supartono. 2006. Peningkatan Relevansi Lulusan melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Chemo-entrepreneurship (5E), Laporan Program Hibah Kompetisi 2006 Program A2. Jurusan Kimia FMIPA UNNES. Semarang.

Zoller, U. 1990. Students misunderstandings and miscon5Etions in general freshman chemistry (general and organic). Journal of Research in Science Teaching, 27, 1053.


Full Text: PDF

DOI: 10.15294/jpp.v33i2.9103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.