KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ASSSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENERANGAN MOBIL

. Miftahudin(1), Hadromi .(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin
(2) Pendidikan Teknik Otomotif,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ARIAS pada pemahaman materi sistem penerangan mobil. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pre-test-post-test Design. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada pemahaman materi sistem penerangan mobil pada kelompok eksperimen yang semula 55,5 menjadi 78,5 sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata-rata sebesar 52,4 menjadi 72,5.

Keywords

Hasil belajar, Model Pembelajaran ARIAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.