PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN JOBSHEET TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGELASAN PELAT BERBAGAI POSISI MENGGUNAKAN LAS BUSUR MANUAL

Ahmad Hakim Syaifullah(1), . Basyirun(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin
(2) Pendidikan Teknik Mesin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model PBL (Project Based Learning) berbatuan jobsheet terhadap peningkatan penguasaan kompetensi pengelasan pelat berbagai posisi menggunakan Las Busur Manual pada siswa jurusan Teknik Pengelasan (TP) di SMKN 10 Semarang menurut hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan memanfaatkan metode eksperimen pretest-posttest control group design, sampel dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian didapatkan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan selisih nilai 8,9 atau 11,50%. Model PBL (Project Based Learning) berbantuan jobsheet berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan persamaan uji regresi Y=38,518+0,639X, pengaruh yang diberikan variabel model pembelajaran tersebut sebesar 90,48%.

Keywords

project based learning, jobsheet, pengelasan pelat, las busur manual

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.