KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PERAGA COMBINED BRAKE SYSTEM BERBASIS MODUL DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI MEKANISME PENGEREMAN PADA SISWA SMK N 4 SEMARANG

Muhammad Afif Aziz(1), . Masugino(2),


(1) Pendidikan Teknik Mesin
(2) Pendidikan Teknik Otomotif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media peraga Combined Brake System (CBS) berbasis modul digital efektif dalam meningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memperbaiki mekanisme pengereman pada siswa kelas XI TSM Honda SMK N 4 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan pola one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa kelas XI TSM Honda yang diajar dengan menggunakan media peraga Combined Brake System berbasis modul digital menunjukkan efek peningkatan dan hasil belajar yang lebih baik. Rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif mengalami peningkatan 9,50 termasuk dalam kategori sedang dengan nilai g = 0,33. Pada ranah psikomotorik rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan 3,66 termasuk dalam kategori rendah dengan nilai g = 0,17.

Keywords

media peraga Combined Brake System (CBS), modul digital, dan hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.