PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL KOMPETENSI TUNE UP MESIN EFI DI SMKN 2 PANDEGLANG

Tri Mahkota Graha Agung Marpaung(1), Haris Abizar(2), Soffan Nurhaji(3),


(1) Sultan Ageng Tirtayasa University
(2) Sultan Ageng Tirtayasa University
(3) Sultan Ageng Tirtayasa University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial kompetensi tune up mesin EFI di SMKN 2 Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Product & Tool Research tipe Tool Development & Use menurut Richey & Klein dengan langkah pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Pandeglang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui In-depth Interview (wawancara mendalam) dan Expert Review (Penilaian Ahli). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar wawancara dan angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan (1) Menghasilkan Media Pembelajaran Video Tutorial kompetensi Tune Up Mesin EFI di SMK Negeri 2 Pandeglang (2) Hasil kelayakan dari validasi ahli materi bernilai 88,75% (Sangat Layak), validasi ahli media bernilai 78,36% (Sangat Layak), dan validasi pengguna bernilai 88,33% (Sangat Layak). Jadi, media pembelajaran video tutorial kompetensi tune up mesin EFI ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Full Text:

PDF

References

Abidi, S. F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Sistem Pengapian Elektronik ESA. 127.

Adhi Yoga Utomo dan Dianna Ratnawati. 2018. “Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMKâ€. Jurnal Taman Vokasi.

Al Fikri, M. M. (2019). Analisa Sistem Kerja Electrical Fuel Injection (EFI) pada Motor Honda CBR 150. Majamecha, 1(1), 36–47.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Chotib, S. H. (2018). Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 109–115.

Efendi, A., & Suhartono, R. (2018). Pengembangan Video Tutorial Tune Up Sepeda Motor. Automotive Experiences, 1(03), 86–89.

Fitri Nurotusholihah, & S. D. Ramdani (2017). “Pengaruh Pemotongan Blade Terhadap Performa Low Pressure Steam Turbineâ€. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(1), 39-46.

Guion, L. A., Diehl, D. C., & McDonald, D. (2001). Conducting an in-depth interview. University of Florida Cooperative Extension Service, Institute of Food and ….

Hafiz Arif Syahriar dan Rabiman. 2017. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Rem pada Pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga†(versi online) Jurnal Taman Vokasi (Vol. 5 Nomor 2).

Hamdan H. Batubara dan Delila. 2020. “Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Coronaâ€. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.

I.K Ardiguna, dkk. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor Berbasis Flash untuk Siswa Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha.

Islahuddin, M. A. (2015). Penggunaan media animasi berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sistem EFI (Electronic Fuel Injection). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2).

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Raras Dwi Putry, dkk. 2018. “Pengembangan Video Tutorial Latihan Berpikir Kritis pada Materi Kelistrikanâ€. Journal of Physics and Science Learning.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2007). Design and Development Research. Mahwah, NJ

SAIFUDIN, A. (2015). PENGEMBANGAN TUTORIAL SERVIS SEPEDA MOTOR UNTUK SISWA SMK. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Seto, H. P. (2015). Peningkatan Pemahaman Materi Pembelajaran tentang Sistem EFI (Electronic Fuel Injection) Menggunakan Media Elektronik Berbasis Android pada Siswa Kelas XII TKR SMK Negeri 1 Tengaran. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran problem based learning dalam implementasi kurikulum 2013 Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.